TUTUP
TUTUP
DUNIA

Jokowi Utus Dua Menteri Sambut Kedatangan Wapres AS

Mike Pence akan mendarat malam ini di Bandara Halim.
Jokowi Utus Dua Menteri Sambut Kedatangan Wapres AS
Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence. (REUTERS/Joshua Roberts)

VIVA.co.id – Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence, akan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, malam ini, Rabu 19 April 2017. Kedatangan orang nomor dua di Amerika Serikat ini mundur 4 jam dari jadwal yang ditetapkan sebelumnya pada pukul 19.30 WIB.

"Datangnya sekitar 23.30 WIB," kata Staf Protokoler Kementerian Luar Negeri, Irwan Adiputra di Bandara Halim Perdana Kusuma, Rabu malam.

Rencananya, Mike Pence bakal disambut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, dan Duta Besar AS untuk RI Joseph Donovan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Menlu dan Menteri ESDM sudah mengkonfirmasi untuk hadir langsung menyambut orang nomor dua di negara Paman Sam itu.

Kedatangan Pence ke Indonesia diketahui juga akan membawa misi kerja sama terkait dengan sektor energi, khususnya minyak dan gas bumi. Sebelumnya, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar juga membeberkan bahwa Pence bakal membawa kabar baik untuk sektor migas Indonesia.

Arcandra menerangkan, akan ada berita bagus tentang penyelesaian kontrak yang abu-abu di blok migas yang ada di Natuna. ExxonMobil Indonesia, kata Arcandra, mengelola beberapa blok migas di Natuna namun operasinya berjalan dengan kontrak Production Sharing Contract (PSC) yang belum 'clear' perjanjiannya.  

"Semoga good news-nya dalam satu bulan ini akan diselesaikan. Dia kirim surat. Kata Pence, apa yang abu-abu akan dihitamputihkan. Itu good news-nya," ujar Arcandra.

Berdasarkan jadwal kunjungannya, Wakil Presiden ke-48 ini akan berada di Indonesia selama dua hari dari tanggal 20 hingga 22 April 2017. Pence juga akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membahas isu diantara kedua negara.

Pada hari pertama kunjungannya atau Kamis, Pence akan melakukan courtesy call atau kunjungan kehormatan kepada Jokowi, kemudian dilanjutkan pertemuan bilateral dengan Jusuf Kalla.

Sore harinya, ia akan mengunjungi Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat, untuk melakukan dialog dengan tokoh agama (interfaith dialogue).

"Setelah itu, Pence berkunjung ke Sekretariat ASEAN di bilangan Jakarta Selatan," ujar Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri, Mohammad Anshor, kepada VIVA.co.id.

Pada hari kedua, Pence menghadiri pertemuan para pebisnis dari Indonesia dan Amerika Serikat, sebelum meninggalkan Jakarta pada siang hari. Setelah ke Indonesia, ia melanjutkan Tur Asianya ke Canberra Australia pada 24 April, dan berakhir di Honolulu Hawaii pada 25 April. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP