Lembaga Rating Fitch: Pilkada DKI Bisa Berefek ke Pilpres

Cagub DKI Anies Baswedan sujud syukur di Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu malam, 19 April 2017.
Sumber :
  • VIVA/Irwandi

VIVA.co.id – Proses pemilihan Gubernur DKI Jakarta yang baru saja selesai ternyata mendapat perhatian dunia. Isu yang berkembang selama Pilkada DKI menjadi daya tarik sebuah lembaga peringkat kelas dunia.

Tahapan Pilkada Jakarta 2024: Pendaftaran Paslon Dibuka 27 Agustus

Fitch Agency, sebuah lembaga rating kelas dunia, menilai ketegangan yang terjadi saat Pilkada DKI Jakarta bisa berpengaruh pada ketegangan menjelang Pemilihan Presiden RI 2019 mendatang. Menurut lembaga tersebut, meningkatnya ketegangan itu bisa berdampak negatif pada agenda kebijakan pemerintah.

"Hasil awal pemilihan presiden yang tegang tampaknya menunjukkan bahwa faktor agama dapat memainkan peran yang semakin penting dalam pemilihan Indonesia di masa depan," kata Fitch dalam sebuah pernyataan melalui surat elektronik yang diterima kantor berita Reuters, 20 April 2017.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Namun, lembaga pemeringkat itu mengatakan bahwa Indonesia telah membuat kemajuan "substansial" dalam memperbaiki pemerintahan selama dua dekade terakhir dan proses pemilu yang demokratis di Indonesia tetap berjalan utuh.

Warga DKI Jakarta baru saja usai melaksanakan pesta demokrasi pemilihan gubernur. Mantan Menteri Pendidikan Anies Baswedan berhasil menyisihkan petahana Basuki Tjahaja Purnama. Menjelang pemilihan gubernur, isu agama kuat menghembus.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

Fitch Ratings Ltd adalah sebuah lembaga pemeringkat kredit internasional yang memiliki dua kantor cabang, yaitu di New York dan London. Perusahaan utamanya, Fitnch Publishing Company didirikan pada 1913. Biasanya, Fitnch memberikan peringkat dan penilaian ekonomi dan politik. (ren)

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya Golkar dan juga partai Gerinda sepakat rekomendasikan nama Ridwan Kamil Sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta.

Golkar dan Gerindra Sepakat Rekomendasikan Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI

Golkar dan Gerinda sepakat rekomendasikan nama Ridwan Kamil Sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024