Pesawat Buatan China Pesaing Boeing Terbang Perdana

Pesawat C919 buatan China bakal jadi pesaing Boeing dan Airbus
Sumber :
  • BBC.com

VIVA.co.id – Pesawat penumpang komersial berkapasitas besar buatan China akhirnya memulai debut penerbangannya. Pesawat buatan China ini diproduksi untuk menyaingi produsen Airbus dan Boeing yang selama ini menjadi pemain utama dalam pasar pesawat terbang.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Penerbangan percobaan perdana tersebut berlangsung selama 90 menit dan pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Pudong di Shanghai, China. Meluncurnya produk pesawat komersial ini menjadi wujud ambisi China melahirkan pesaing bagi perusahaan raksasa Boeing dan Airbus.

Pihak pemerintah mengatakan bahwa proyek itu telah dimulai sejak 2008, namun percobaan sebelumnya masih memiliki kekurangan

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Penerbangan perdana pada hari ini, Jumat, 5 Mei 2017 sebagaimana dikutip dari laman BBC hanya mengangkut sejumlah kru pesawat, lima pilot dan sejumlah teknisi serta petugas penerbangan. Terbang perdana, pesawat itu berada di ketinggian 9.800 kaki, sekitar 7.000 meter lebih rendah dibandingkan ketinggian penerbangan pesawat biasanya dengan kecepatan sekitar 300 kilometer per jam.

Pesawat yang disebut bertipe C919 didesain sedemikian rupa seperti pesawat-pesawat penumpang lainnya. Salah satu pilot bernama Cai Jun mengatakan optimismenya dengan pesawat baru buatan negaranya itu.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

"Saya tak khawatir membawa pesawat ini, ya sama seperti mengemudikan mobil saja," kata Cai Jun.

Namun, dia mengaku para pilot yang menguji terbang akan memberi masukan kepada produsen pesawat soal hal-hal yang masih perlu "dipoles" agar pesawat itu lebih sempurna. (art)

Mobil listrik bZ3C

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Toyota meluncurkan dua mobil listrik terbarunya, yakni Toyota bZ3C dan Toyota bZ3X. Saudara dari mobil listrik bZ4X tersebut diluncurkan pada ajang Beijing Auto Show 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024