Paus Fransiskus Kritik AS Pakai 'Ibu' Sebagai Nama Bom

Paus Fransiskus saat pimpin Misa Paskah di Basilika Santo Petrus, Vatikan, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • REUTERS/Osservatore Romano/Handout via Reuters

VIVA.co.id – Pemimpin umat Katolik Roma, Paus Fransiskus, mengkritik militer Amerika Serikat yang menggunakan kata mother 'ibu' untuk menyebut bom MOAB. Bom MOAB merupakan bom dengan kekuatan ledakan yang sangat besar atau massive ordnance air blast (MOAB) yakni bom terbesar yang pernah diciptakan untuk menjadi senjata militer Amerika Serikat.

Top Trending: Sosok Ratu Judi Asal Israel Hingga Paus Puasa Nonton TV 35 Tahun

Kritik Paus tersebut disampaikan dalam pidatonya di depan para mahasiswa. Padahal Paus dijadwalkan bakal bertemu dengan Presiden AS Donald Trump dalam dua minggu ke depan.

"Saya merasa malu dengan penyematan nama bom itu," kata Paus Fransiskus sebagaimana dikutip dari laman Independent.co.uk.

Paus Fransiskus Puasa Nonton TV Selama 35 tahun, Ini Alasannya

"Seorang ibu artinya memberikan kehidupan, namun bom justru merenggut kehidupan dan bom disebut ibu? Apa-apan ini?," lanjut pemimpin Tahta Suci Vatikan itu.

Bom MOAB pertama kali digunakan dalam rangkaian serangan terhadap basis-basis ISIS di Distrik Achin, Provinsi Nangarhar, Afghanistan, Bom itu telah dimiliki Amerika selama beberapa dekade namun baru digunakan pada saat itu.

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Paus Fransiskus Tengah Dibahas Kemenlu, Menurut Mensesneg

Ini bukan kali pertama Paus Fransiskus menyinggung hal yang berkaitan dengan pemerintahan dan militer di bawah Donald Trump. Antara lain ada perbedaan pandangan keduanya soal soal isu imigran dan pentingnya isu perubahan iklim. (ren)

Gus Yahya dan Gus Ipul hadir ketika PBNU melakukan kegiatan halal bi halal

Gus Yahya Sebut Rencana Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Sudah Didengar Sejak 2018

Rencana Paus Fransiskus berkunjung ke Indonesia waktu itu tertunda karena Covid-19.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024