Pemimpin ISIS Afghanistan Tewas

Kelompok radikal ISIS.
Sumber :
  • www.rt.com

VIVA.co.id – Pentolan atau pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atau IS Wilayah Afghanistan yang bernama Abdul Hasib disebutkan tewas. Hal itu disampaikan secara resmi kantor Kepresidenan Ahsraf Ghani.

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Abdul disebutkan meregang nyawa 10 hari silam dalam penyerbuan yang dilakukan oleh militer dan pasukan khusus Afghanistan di Provinsi Nangarhar, dikutip dari BBC, Minggu 7 Mei 2017.

Hasib merupakan dalang di balik penyerangan rumah sakit tentara di Kabul pada Maret lalu yang menewaskan lebih dari 30 orang. Sementara bulan lalu, Pentagon atau AS juga sudah menyebutkan bahwa Hasib kemungkinan mati dalam penyerbuan pasukan Afghanistan tersebut.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

Bulan lalu, Amerika juga menjatuhkan bom-bomnya di wilayah yang diyakini sebagai rute terowongan yang disebut sering menjadi jalur bagi ISIS di Nangarhar.

Afghanistan dan Pakistan masih menjadi wilayah yang dijadikan ISIS sebagai basis untuk melakukan sejumlah serangan.

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS

Sementara pada Juli 2016, serangan bom bunuh diri terjadi di Kabul yang menewaskan hingga 80 orang. Serangan teror yang sama terjadi lagi tiga bulan setelahnya di Festival Agama Ashura. Pada November 2016, sebuah masjid di Kabul kembali diserang dan menewaskan sedikitnya 30 orang.

Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024