Donald Trump Tiba-tiba Pecat Direktur FBI

Mantan Direktur FBI yang dipecat Trump, James Comey.
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Lamarque

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Selasa, 9 Mei 2017 tiba-tiba memecat Direktur FBI James Comey yang masih terkait dengan bocornya kasus email Hillary Clinton tahun lalu. Comey segera hengkang dari biro elite itu.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Comey selama ini memimpin investigasi FBI tentang adanya dugaan intervensi Rusia terhadap hal-hal yang terjadi di AS sejak 2016, khususnya terkait dugaan adanya kolusi dengan kampanye pemenangan Trump pada saat itu. Pemberhentiannya disebutkan untuk membawa penyelidikan tersebut lebih independen.

Kontroversi atas Comey mulai bergulir sejak diketahui bahwa Clinton yang merupakan menteri Luar Negeri AS pada saat itu menggunakan email pribadi untuk urusan penting terkait negara. Padahal, AS diketahui sangat ketat soal menyimpan dan menjaga kerahasiaan informasi terkait negara.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

"Sangat penting menemukan pemimpin yang baru untuk FBI guna mengembalikan kepercayaan publik dan lembaga FBI," kata Trump sebagaimana dikutip dari Reuters.

Trump dalam surat pemberhentian Comey mengatakan bahwa dia mendapatkan rekomendasi dari Jaksa Agung Jeff Sessions bahwa kepemimpinan Comey tak lagi efektif. Seharusnya Comey memang masih bisa memimpin FBI hingga 2023.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Pemberhentian ini diumumkan Juru Bicara Gedung Putih, Sean Spicer di Washington DC.

Comey sebelumnya menyatakan bahwa kasus email Clinton akan ditutup tanpa penuntutan. Namun, kemudian, pada 11 hari sebelum 8 November 2016, saat hari pemilihan presiden, ia mengatakan bahwa investigasi kembali dibuka dengan adanya bukti baru.

Hillary Clinton yang berasal dari Partai Demokrat merupakan rival Trump dalam Pemilu AS pada 2016. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya