Saat Jet Tempur Rusia dan AS Hanya Berjarak 6 Meter

Jet tempur Sukhoi Su-27
Sumber :
  • www.airliners.net

VIVA.co.id – Sebuah jet tempur Rusia jenis Sukhoi 27 tampak memepet sebuah pesawat anti-kapal selam milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), P-8A Poseidon. Jarak antara kedua pesawat itu hanya enam meter.

Bandara Rusia Diserang Drone, 2 Pesawat Angkut Ilyushin II-76 Terbakar

Dilansir CNN, kejadian ini terjadi di atas Laut Hitam pada Rabu 9 Mei 2017. Namun, menurut laporan Kapten US Navy, Pamel Kunze, peristiwa head to head dua pesawat ini masih dalam batas aman dan profesional.

"Jarak hanya satu dari banyak variabel untuk mempertimbangkan apakah penerbangan (dua pesawat) aman dan profesional," kata juru bicara Pentagon, Jeff Davis.

Beda dari yang Lain, Rusia Evakuasi Warganya dari Sudan Pakai Pesawat Militer

Menurut Davis, selain jarak, sebuah interaksi langsung antarpesawat dibilang masih dalam batas aman juga ditentukan dari kecepatan, ketinggian, tingkat manuver, jarak pandang, dan faktor lain terkait cuaca.

Dari keterangan pejabat militer Paman Sam, pesawat tempur Rusia ini 'menyapa' pesawat milik Angkatan Laut AS dengan senjata lengkap termasuk enam misil udara. Tak hanya itu, sang pilot juga sempat memfoto pesawat AS.

Pesawat Militer AS Dicegat Jet Tempur Rusia di Laut Mediterania

Namun, menurut Kementerian Pertahanan Rusia, pesawat mereka itu hanya berusaha 'menyapa' pesawat AS. Mereka juga mengklarifikasi jika pesawat yang mereka gunakan Su-30, bukan Su-27.

Yang jelas, setelah kejadian itu, pesawat anti-kapal selam AS terbang menjauh dari batas udara Rusia. 

Ilustrasi perang nuklir.

Hanya 2 Negara di Dunia yang Punya Pesawat Antinuklir

Pesawat udara memiliki berbagai fungsi tergantung pada jenisnya. Secara umum, pesawat digunakan sebagai sarana transportasi udara untuk kepentingan komersial.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024