TUTUP
TUTUP
DUNIA

Amerika Makin Khawatirkan Kelakuan Korut

Jong-un peringatkan Washington agar berhat-hati dengan rudalnya.
Amerika Makin Khawatirkan Kelakuan Korut
Kim Jong-un saat inspeksi militer dari kapal selam Korea Utara. (REUTERS/KCNA)

VIVA.co.id – Peluncuran rudal jarak menengah Korea Utara yang berhasil dilakukan kemarin, menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam jenis rudal balistik antar benua.

Pengamat dunia menilai, tindakan agresif Korea Utara ini menjadi sebuah sinyal yang sangat mengkhawatirkan bagi kestabilan Semenanjung Korea dan Amerika Serikat. Negara tertutup tersebut mengumumkan bahwa peluncuran rudal, yang diawasi langsung oleh pemimpin Korut Kim Jong-un tersebut, ditujukan untuk membuktikan kemampuan hulu ledak nuklir skala besar.

Dalam pernyataannya, Kim Jong Un menuduh Amerika Serikat kerap memperolok negara-negara yang tidak memiliki senjata nuklir. Dia juga memperingatkan Washington, bahwa kemampuan rudal Korea Utara sangat mungkin menjangkau wilayah daratan Amerika Serikat.

Menanggapi hal ini, Komando Pasifik militer AS mengatakan bahwa rudal yang diluncurkan Korea Utara pada hari Minggu kemarin tidak konsisten. Hal ini juga diperkuat oleh pemerintah Korea Selatan.

"Kami yakin kemungkinan itu rendah," kata Roh Jae-cheon, Juru Bicara Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, seperti dilansir Reuters, Senin, 15 Mei 2017.

Seperti diketahui dalam beberapa waktu terakhir, Korea Utara tengah mengembangkan rudal nuklir yang mampu menjangkau Amerika Serikat, yang berjarak sekitar 8.000 km dari Pyongyang.

Rudal balistik terbaru, yang diberi nama Hwasong-12, ditembakkan melalui sudut tertinggi dan terbang sejauh 787 km setelah mencapai ketinggian 2.111 km, kemarin.

Pencapaian ini jauh lebih tinggi, menurut penilaian Korea Selatan dan Jepang, yang mengindikasikan rudal tersebut terbang lebih tinggi dan lebih jauh dari rudal jarak menengah yang ditembakkan pada Februari lalu di barat laut Korea Utara.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP