TUTUP
TUTUP
DUNIA

Ini 10 Patung Menakjubkan Berharga Triliunan Rupiah

Patung dibuat dengan memiliki ragam makna.
Ini 10 Patung Menakjubkan Berharga Triliunan Rupiah
Patung Silvas Capitalis di Inggris. Twiiter @lazy_grace (Twitter)

VIVA.co.id – Patung merupakan benda tiga dimensi, hasil karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Patung dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin.

Karena itu, patung biasanya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan permanen. Terutama dari perunggu dan batu seperti marmer, kapur, dan granit.

Tak hanya menjadi sebongkah bentuk, patung dibuat dengan memiliki ragam makna. Baik itu secara tinggi, peristiwa penting, dan bahkan terlihat sangat menakjubkan.

Dilansir Telegraph, sedikitnya ada 10 patung menakjubkan yang tersebar di dunia. Selain menakjubkan, tentu patung-patung tersebut memiliki pesan dan kesan tersendiri.

Support, Italia

Patung monumental tangan manusia ini muncul dari laguna Venesia. Dibuat oleh pematung Italia yang terkenal, Lorenzo Quinn. Patung ini pun baru diperkenalkan pada Biennale tahun ini. Meraih sisi Hotel Ca 'Sagred yang bersejarah, instalasi raksasa ini melambangkan kapasitas tangan manusia untuk menciptakan dan menghancurkan.

"Saya ingin memahat apa yang dianggap sebagai bagian tubuh manusia yang paling sulit dan paling menantang secara teknis. Tangan memegang begitu banyak kekuatan-kekuatan untuk mencintai, membenci, menciptakan, dan menghancurkan," kata Lorenzo seperti dikutip Telegraph.

Metalmorphosis, Amerika Serikat

Patung logam kepala manusia ini duduk di sebuah kolam di Charlotte, North Carolina. Patung ini terdiri dari sekitar 40 lapisan stainless baja yang bisa diputar satu per satu. Sebuah karya serupa yang membentuk patung Franz Kafka juga ditampilkan di Prague.

Kepala raksasa tersebut dibuat oleh seniman Ceko yang kontroversial, David Cerný. Dikenal dengan kepingannya yang mencolok, termasuk Gesture (patung tangan raksasa dengan jari tengah yang panjang) dan London Booster (sebuah patung bus doubledecker merah dengan ekstensi lengan, dibuat untuk London Olimpiade pada 2012).

Curve to Point, Inggris

Taman patung Goodwood Cass Foundation di West Sussex juga menampilkan beberapa patung unik, seperti Curve to Point yang dibuat oleh seniman Inggris, Eilís O'Connell. Ia mencoba untuk memberikan makna di patung tersebut untuk mencapai keseimbangan yang harmonis antara objek dan lingkungan dengan bergeser antara "matematis dan ilmiah, alami dan simbolis.

Wild Horses Monumen, Amerika Serikat

Secara resmi patung-patung kuda ini bertajuk Grandfather Cuts Loose the Ponies. Monumen yang berada di Washington ini dibuat oleh David Govedare, yang menampilkan serangkaian 15 patung kuda seukuran gambar. Serta digambarkan berderap melintasi punggung bukit di atas Sungai Columbia.

Symphonic Sculputre, Jepang

Ada beberapa patung besar, seperti Patung Simfoni di taman museum terbuka di Hakone, sebuah kota yang dinamai Unesco di Honshu, pulau terbesar di Jepang. Taman itu adalah museum seni terbuka pertama di negaranya ketika dibuka pada 1969 dan memiliki koleksi permanen sekitar 120 karya pematung modern serta kontemporer di seluruh dunia. Museum ini juga menampilkan salah satu koleksi Picasso terbaik di dunia, dengan sekitar 300 item yang dipamerkan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP