Idul Fitri di Manca Negara

Dubes RI dan Malaysia Shalat Ied Bersama

VIVAnews - Ada yang menarik di tengah ibadah shalat Iedul Fitri di Praha, Ceko. Di tengah polemik klaim warisan budaya yang menimbulkan ketegangan hubungan antara Indonesia dan Malaysia di tanah air, Duta Besar RI untuk Republik Ceko, Salim Said, dan Duta Besar Kerajaan Malaysia, Datuk Zainal Abidin Bakar, melakukan shalat Iedul Fitri bersama. 

Siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) mengungkapkan bahwa shalat Ied bertempat di Wisma Duta Besar Indonesia di Praha, Minggu 20 September 2009. Hadir juga pada acara shalat Ied tersebut Prof. Dr. Azrul Azwar, Ketua Kwarnas Pramuka Indonesia beserta rombongan yang tengah berada di Praha.

Pada kesempatan tersebut, Imam dan Khitob shalat Ied, Sugeng Haryanto MBA, memberikan ceramah mengenai pentingnya keserasian hubungan antar aspek-aspek dalam kemanusiaan. Disampaikan olehnya bahwa tiga aspek hubungan yang perlu dicermati adalah hubungan manusia dengan Allah SWT yang tercermin dalam pelaksanaan shalat, hubungan manusia dengan dirinya sendiri yang menyangkut antara nafsu dan nuraninya, serta hubungan manusia dengan masyarakat yang menyangkut kewajiban tanggung jawab terhadap dirinya dan masyarakat.

Sementara itu Duta Besar Salim Said menyambut hari yang suci ini dengan menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia yang berada di Ceko. Dia juga mengingatkan perlunya terus menjalin hubungan baik antara sesama manusia, termasuk menjaga hubungan antara Indonesia dan Malaysia.

Selesai shalat, Duta Besar Salim Said menyelenggarakan silaturahmi bersama yang dihadiri oleh segenap masyarakat dan para sahabat Indonesia di Ceko. Istri duta besar, Herawaty Said, pada kesempatan tersebut juga menghidangkan aneka makanan khas lebaran seperti ketupat, opor ayam, rendang, aneka kue, dan kelengkapannya seperti layaknya berlebaran di tanah air.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow
Sandra Dewi dan Suaminya, Harvey Moeis

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Kehidupan pribadi Sandra Dewi mendadak jadi sorotan pasca penetapan status tersangka suaminya, Harvey Moeis oleh Kejaksaan Agung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024