7 Miliar Lebih Penduduk Dunia, Berapa yang Berpuasa Ramadan?

Salat di masjid pertama di Yunani seusai masa Ottoman
Sumber :
  • REUTERS/Alkis Konstantinidis

VIVA.co.id – Umat muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan Ramadan. Pada bulan Ramadan, mereka akan berpuasa sejak subuh hingga waktu berbuka puasa yang ditentukan sesuai dengan perhitungan waktu di wilayah masing-masing.

7 Golongan Orang yang Tidak Wajib Melaksanakan Puasa, Apakah Kamu Termasuk?

Waktu sahur dan buka puasa berbeda di berbagai belahan dunia, sesuai dengan perputaran, terbit dan tenggelamnya matahari.

Di dunia diketahui kini ada sekitar 7,3 miliar penduduk dunia. Dari jumlah tersebut, maka sekitar 24 persen sebagaimana dikutip dari CNN.com adalah penduduk muslim. Jumlah itu diperkirakan hingga 1,8 miliar orang.

Tegas, Ustaz Khalid Basalamah Larang Konsep Puasa Setengah Hari Dikenalkan kepada Anak

Secara ideal, maka sebanyak jumlah tersebut orang-orang yang menunaikan ibadah puasa minus anak-anak dan ibu hamil serta peziarah yang tak diwajibkan menunaikan puasa karena kondisi tertentu.

Sementara BBC.com juga pernah memberitakan, pada periode 2015-2060 diperkirakan penduduk dunia meningkat hingga 32 persen atau akan menjadi sekitar 9,6 persen.

Tidak Boleh Jual Makanan Siang Hari di Bulan Ramadhan? Ini Kata Buya Yahya

Selama periode itu diperkirakan jumlah penduduk muslim akan meningkat pesat hingga 70 persen karena bertambahnya jumlah anak di pasangan-pasangan muslim dunia. Penelitian itu pernah dirilis oleh lembaga penelitian Amerika Serikat Pew Research Center pada tahun 2016. Sementara pada saat ini, sepertiga atau 31 persen dari penduduk dunia disebutkan memeluk agama Kristen. (mus)

Ilustrasi makanan/ buka puasa/ batalkan puasa.

Azab, Dosa Membatalkan Puasa Secara Sengaja di Bulan Ramadhan Ternyata Sangat Besar

Sengaja membatalkan puasa tanpa alasan yang sah adalah tindakan yang serius dalam Islam dan berpotensi mendatangkan dosa yang besar. Dosa tersebut termasuk melanggar peri

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024