27-05-1971: Swedia Nyatakan Dukungan kepada Viet Cong

Foto para serdadu AS saat Perang Vietnam
Sumber :
  • REUTERS/Courtesy U.S. Army

VIVA.co.id – Pada hari ini, 27 Mei 1971 silam dicatat bahwa Swedia menyatakan dukungan terhadap tentara Vietnam, Viet Cong. Atas simpati itu, Swedia bahkan menggelontorkan dana $US550,000 untuk membantu pengobatan dan keperluan medis di Vietnam.

Jenderal Tommy Franks: TNI Gurunya Tentara Vietnam dan Korea Utara

Dilansir laman history.com, Menteri Luar Negeri Swedia Torsten mengumumkan soal dukungan sekaligus bantuan tersebut.

Bantuan lainnya juga dikirimkan ke rakyat Kamboja dan Laos yang diketahui terkena dampak adanya Perang Indochina. Bantuan tersebut dianggap sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan dan Swedia tak mengirim sama sekali keperluan dalam hal militer.

Operasi Babylift, Misi Evakuasi Massal Anak-anak Yatim Perang Vietnam

Sementara sejak beberapa tahun sebelumnya, Amerika Serikat diketahui memborbardir Vietnam. Angkatan perang ke-7 AS diterbangkan ke Vietnam untuk menghabisi Vie Cong khususnya di wilayah selatan.

Perang Vietnam diketahui sebagai arena perang AS yang mana negara tersebut paling banyak menjatuhkan bom dibanding di perang lainnya. Perang Vietnam juga menyisakan banyak luka dan puluhan ribu orang menjadi cacat dan lumpuh akibat penggunaan senjata kimia.

Monumen Perang Vietnam Jadi Sasaran Vandalisme
Ilustrasi sejarah.

5 Bencana yang Mengubah Alur Sejarah Dunia, Apa Saja?

Sepanjang sejarah, ada banyak bencana besar yang mengubah kebiasaan sejarah manusia. Disebut bencana juta besar karena menelan korban puluhan hingga jutaan nyawa.

img_title
VIVA.co.id
25 Mei 2023