FBI Sudah Ingatkan MI5 Sosok Pengebom Manchester, Diabaikan?

Salman Ramadan Abedi, pelaku teror bom konser Ariana Grande di Manchester
Sumber :
  • The Sun Inggris

VIVA.co.id – Beberapa bulan sebelum pengeboman Manchester Arena pada Senin malam, 22 Mei 2017, disebutkan bahwa intelijen Amerika dari FBI telah memberikan informasi rahasia tentang Salman Abedi kepada kepala antiteror Inggris. FBI juga disebutkan sudah membagi informasi itu kepada intelijen MI5.

6 Artis Hollywood yang Tersandung Kasus Sepanjang Tahun 2023

Dilansir The Sun Inggris, Minggu 28 Mei 2017, FBI dalam informasi itu sudah detail menunjukkan bahwa Salman Abedi adalah bagian dari jaringan teroris Afrika Utara yang berafiliasi dengan Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS. Informasi itu diberikan pada Januari 2017.

Sayangnya, bom Manchester berhasil diledakkan dan membunuh 22 orang termasuk Salman Abedi sebagai pembawa bom bunuh diri itu. Bom itu diledakkan hanya hitungan menit setelah penyanyi pop Amerika Serikat Ariana Grande menyelesaikan konsernya.

Siswa SMA Buat Prank Teror Bom Koja Trade Mall Bawa Nama Noordin M Top Saat Kelas Berlangsung

Adapun korban kebanyakan berusia remaja dan sebagian masih anak-anak.

Abedi lahir di Manchester dengan darah Libia. Keluarganya sempat pindah kembali ke Libia dan dia diketahui terbang ke Inggris empat hari sebelum pengeboman.

Polisi Tangkap 6 Siswa SMA yang Prank Teror Bom Koja Trade Mall Bawa Nama Noordin M Top

"Pada awal tahun 2017, FBI sudah menyebut nama Salman Abedi terkait dengan kelompok teror di Afrika Utara dan berbahaya," disebutkan sumber media.

Informasi soal Abedi didapatkan pihak FBI melalui penyadapan yang dilakukan di antara intelijen teroris. Salman Abedi bahkan sudah masuk daftar hitam AS sejak tahun 2016.
 

Ariana Grande dan Dalton Gomez.

Resmi Cerai, Ariana Grande Dituntut Bayar Tunjangan Rp19 Miliar ke Mantan Suami

Ariana Grande harus membayar tunjangan senilai Rp 19 miliar kepada Dalton Gomez. Hal ini dikarenakan adanya perjanjian pranikah yang mereka sepakati sebelum menikah.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024