Wali Kota Paris Larang Black Festival karena Dicap Rasial

Wali Kota Paris Anne Hidalgo (kiri) dan Presiden Prancis Emmanuel Macron
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau

VIVA.co.id – Wali Kota Paris Anne Hidalgo mengancam membatalkan pelaksanaan festival feminis hitam atau Black Festival yang disebut dengan Nyansapo Festival yang akan dilangsungkan di The cultural centre La Générale, Paris, Prancis pada tanggal 28 hingga 30 Juli mendatang. Pasalnya, festival feminis itu justru dianggap rasial khususnya terhadap warga kulit putih yang dilarang memasuki area tertentu di acara nantinya.

Melawan Aparat, Perampok Sadis Wisatawan Prancis di Karo Dihadiahi Timas Panas

Disebutkan bahwa festival feminis hitam sengaja membagi teritori venue dalam tiga bagian. Sebagian venue atau hanya empat per lima tempat acara yang diperbolehkan jadi tempat berbaur antara kulit hitam dan warga ras lainnya. Sementara ada spot tertentu yang hanya boleh dimasuki oleh keturunan Afrika.

Melalui akun Twitter pribadinya, Anne Hidalgo mengatakan bahwa kegiatan itu justru mempromosikan pemisahan ras dan menonjolkan perbedaan. Dia mengecam konsep venue yang disusun oleh panitia.

Kronologi Tim SAR Gabungan Evakuasi Turis Perancis di Objek Wisata Bukit Sipiso-piso Sumut

"Saya akan minta festival ini dibatalkan," kata Anne Hidalgo sebagaimana dilansir theguardian.com, Senin 29 Mei 2017.

Tak hanya Anne Hidalgo, sejumlah organisasi masyarakat sipil dan LSM antirasial juga mengkritisi festival yang baru perdana dilangsungkan tersebut.

Mesir, Yordania dan Prancis Protes Serangan ke Rafah dan Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Organisasi SOS Racisme yang menentang tindakan rasial menyatakan bahwa festival tersebut justru menonjolkan hal yang bisa memicu perbedaan dan menyebabkan kebencian di kalangan masyarakat yang berbeda ras.

IAN alias Pian, pelaku perampokan turis Perancis saat diamankan petugas kepolisian.(dok Polda Sumut)

Tampang Pelaku Perampokan Sadis Turis Perancis di Bukit Sipiso-piso Kabupaten Karo

Pelaku perampokan sadis turis asal Prancis di Bukit Sipiso-piso Kabupaten Karo ditangkap aparat dan diberi tindakan terukur

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024