Puji Kebebasan di AS, Mahasiswi China Dimusuhi Ramai-ramai

Shuping Yang di Universitas Maryland, AS.
Sumber :
  • BBC/UNIVERSITY OF MARYLAND

VIVA.co.id – Pidato seorang mahasiswI asal China pada saat wisuda di Universitas Maryland, Amerika Serikat memicu kontroversi. Dia juga mendapat kecaman dari para mahasiswa asal China lainnya yang juga berada di Amerika Serikat.

Penyebaran Narkoba Jenis Fentanil Jadi Ancaman Global

Shuping Yang, pada saat acara wisuda memuji dengan gamblang kebebasan di Amerika Serikat yang disebutnya sebagai angin segar. Dia merasa kebebasan berpendapat di AS sangat positif bertolak belakang dengan yang terjadi di negaranya.

Video pidato Shuping Yang tersebut, sebagaimana dilansir BBC, lantas viral dan memicu kemarahan dari mahasiswa China yang sedang belajar di AS. Dia dinilai tak pantas menjelekkan negaranya saat berada di negeri asing.

Dukung Hak Palestina, China Jalin Hubungan Erat dengan Hamas

Menjadi viral dan menuai kritikan, tak lama Shuping Yang meminta maaf dan mengatakan sama sekali tak bermaksud menjelekkan China. Namun demikian, berlanjut aksi yang menyebut diri dengan "Saya Bangga Berasal dari China" sebagai reaksi atas pidato Yang.

Shuping Yang dituduh telah menyebarkan kebohongan. Bahkan disebutkan sampai ada pihak-pihak yang mencari informasi lebih banyak soal dia dan keluarganya.

Soal Lemahnya Penegakkan Aturan ke Tiktok, Ekonom Singgung Ambisi Jalur Sutra Tiongkok

Sementara China sejak lama diketahui memang tidak mengakui kebebasan berpendapat di negara tersebut. Sebagai negara Komunis, China dijalankan oleh pemerintahan Partai Komunis yang bangkit sejak era Mao Tse Tung. Namun dari segi ekonomi, China memang sangat terbuka. (ren)

Ilustrasi bola dunia

Raksasa Dunia! Ini 10 Negara Terluas yang Menakjubkan

Ketika membicarakan ukuran suatu negara, wilayahnya menjadi parameter yang sangat penting. Wilayah suatu negara menentukan kedaulatan, populasi, dan kekayaan alamnya.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024