PM Kanada Bujuk Paus Fransiskus Sampaikan Maaf

PM Kanada Justin Trudeau bertemu dengan Paus Fransiskus
Sumber :
  • REUTERS/Ettore Ferrari

VIVA.co.id – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau meminta agar Paus Fransiskus, pemimpin umat Katolik Roma tersebut bisa menyampaikan maaf atas nama Gereja Katolik. PM Trudeau meminta hal tersebut menyusul kasus perenggutan hak-hak anak pribumi Amerika yang dididik di sekolah Katolik pada periode tahun 1880-an.

Kanada Jadi Negara G20 Pertama yang Larang Perdagangan Sirip Hiu

PM Kanada tersebut menemui Paus Fransiskus usai menghadiri KTT G7 di Pulau Sisilia, Italia. Diketahui pada tahun 1880-an sekolah asrama yang dibina oleh Katolik Roma mengasramakan anak-anak pribumi termasuk dari suku Aborigin untuk dididik secara Katolik dan Barat. Mereka bahkan dipisahkan dari keluarga dan dilarang menggunakan bahasa aslinya.

Terakhir, atas tudingan perenggutan hak-hak, sekolah-sekolah tersebut akhirnya ditutup pada tahun 1996.

Arab Saudi Usir Dubes Kanada dan Putuskan Hubungan Dagang

"Saya meminta Paus karena memang sangat penting bagi Kanada untuk progres dalam hal rekonsiliasi ini dan saya menjelaskan betapa penting keputusannya soal permintaan maaf ini," kata PM Trudeau sebagaimana dikutip dari BBC.com, Senin 29 Mei 2017.

Diketahui sekitar 150.000 anak Aborigin direnggut haknya dari keluarga dan dilarang menggunakan bahasa asli mereka serta mempraktikkan budaya asalnya. Atas kasus tersebut pemerintah Kanada sudah membentuk Komisi Pencari Kebenaran dan Rekonsiliasi untuk memulihkan catatan buruk sejarah.

Setelah Tembak 9 Orang di Toronto, Pelaku Tewas

Pemerintah Kanada melalui PM sebelumnya juga sudah menyatakan maaf karena abai pada masa itu. Sementara sejumlah gereja yang sempat mendukung sistem tersebut juga sudah menyatakan maaf seperti Gereja Anglikan, Gereja Presbiterian dan organisasi persatuan gereja.
 
Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi tersebut kemudian mendorong agar Gereja Roma Katolik sebagai aktor utama pada masa itu bisa menyampaikan permintaan maaf. Pada tahun 2008, mantan PM Kanada Stephen Harper juga sudah mendorong isu permintaan maaf tersebut.  
 
Dalam pertemuan dengan Paus Fransiskus, Trudeau mengatakan, mereka juga membicarakan soal isu perubahan iklim. Pertemuan itu disebutkan berjalan degan hangat sekitar 34 menit. (mus)

Ilustrasi Gempa bumi di Pulau Vancouver Kanada

Pulau Tempat Tinggal Pangeran Harry di Kanada Diguncang Gempa

Gempa 4.5 SR itu terdeteksi di lepas pantai barat Vancouver

img_title
VIVA.co.id
26 Januari 2020