Indonesia Kejar Kerja Sama dengan Afrika

Menlu Retno LP Marsudi saat pidato dalam acara Dialog HAM antara Indonesia-Norwegia, di Gedung Kemlu RI, Jakarta, Senin, 30 Mei 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi akan melakukan kunjungan kerja ke Nigeria pada tanggal 3-6 Juni 2017. Kunjungan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Indonesia untuk bekerja sama dengan negara-negara di Afrika.

Viral! Wanita Suku di Benua Hitam Tawari Seks untuk Para Tamu

Salah satu prioritas diplomasi Indonesia tahun ini adalah meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara-negara di Afrika. Hal ini dilakukan, karena Afrika termasuk benua dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Dalam kunjungan kali ini, Menlu akan didampingi beberapa delegasi bisnis Indonesia.

"Indonesia fokus perkuat kerja sama mengingat Afrika punya potensi besar. Afrika juga menjadi pasar non-tradisional penting untuk Indonesia," kata Juru Bicara Kemlu, Arrmanatha Nasir di Jakarta, Jumat, 2 Juni 2017.

Terkuak, Sederet Alasan Maroko Hanya Izinkan 4 Negara Bantuan

Hal senada juga diungkapkan Direktur Afrika Kemlu, Daniel Tumpal. Ia mengatakan, bahwa strategi awal Indonesia adalah Afrika bagian selatan, di mana Menlu Retno telah melakukan kunjungan kerjanya ke Afrika Selatan dan Mozambik. Kali ini, Indonesia akan berfokus pada negara-negara di Afrika bagian barat.

"Salah satu hambatan Indonesia dengan Afrika adalah tingginya tarif. Jadi nantinya Menlu akan konsisten membahas bagaimana hal yang bisa dilakukan kedua negara (Indonesia-Nigeria) tentang tarif agar frekuensi, volume dan jenis barang meningkat," ujar Daniel.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

Dalam kunjungan tersebut, Menlu Retno akan terlibat dalam forum bisnis dan terlibat dalam pembahasan berbagai hal penting lainnya. Kunjungan ini juga menjadi sesuatu yang historis, mengingat pada kesempatan sebelumnya kehadiran Menlu ke Afrika selalu mendampingi Presiden RI. (mus)

Ilustrasi musim dingin atau salju.

Geger 5 Negara di Afrika Alami Hujan Salju

Afrika bukanlah tempat pertama yang muncul di benak kita saat memikirkan daerah salju. Kehangatan, sinar Matahari, dan padang sabana malah yang akan terbesit dalam benak.

img_title
VIVA.co.id
9 Januari 2024