Beberapa Negara Arab Putuskan Hubungan dengan Qatar

Pangkalan Udara Al Udeid di Qatar. Arab Saudi, UAE, dan Bahrain putuskan hubungan dengan Qatar.
Sumber :
  • http://www.mobgenic.com

VIVA.co.id – Sejumlah negara Arab yang tergabung dalam Koalisi Arab pimpinan Arab Saudi beramai-ramai memutuskan hubungan dengan Qatar. Mereka menuding Qatar mendukung terorisme dan ekstremisme.

5 Negara Putus Hubungan dengan Israel, Ada Negara NATO

Keputusan pertama diambil oleh Arab Saudi. Diberitakan oleh Reuters, Senin 5 Juni 2017, Arab Saudi mengabarkan segera memutuskan seluruh hubungannya dengan Qatar. Tak hanya hubungan diplomatik, tapi juga seluruh hubungan dengan Qatar yang terhubung dengan darat, laut, dan udara.

Menurut informasi yang dikutip dari kantor berita resmi, pemerintah Saudi beralasan, "Keputusan untuk memutus seluruh hubungan diplomatik itu bagian dari melanjutkan pelaksanaan hak kedaulatannya yang dijamin oleh hukum internasional dari bahaya ekstremisme dan terorisme".

Aksi Tegas! Bolivia Putuskan Hubungan Diplomat dengan Israel

Arab Saudi juga menyerukan negara-negara yang menjadi sekutunya untuk mengikuti langkahnya. Seruan Arab Saudi segera mendapat tanggapan.

Diberitakan oleh Al Arabiya, Senin 5 Juni 2017, Bahrain yang selama ini menjadi sekutu setia Arab Saudi segera mengikuti. Bahrain juga mengumumkan segera memutuskan seluruh hubungannya dengan Qatar.

Indonesia Masuk Daftar Negara Aman Versi Qatar, Apa Alasannya

Melalui pernyataan yang dirilis pada Senin pagi, Bahrain memutuskan untuk memutuskan hubungan dengan tetangganya dengan alasan, "Qatar terus mengganggu stabilitas dan keamanan Kerajaan Bahrain dan campur tangan dalam urusannya".

Pernyataan tersebut juga mengatakan bahwa hasutan Qatar terhadap media dan pendukung kegiatan teroris serta kelompok pembiayaan yang terkait dengan Iran adalah alasan di balik keputusan tersebut.

"(Qatar telah) menyebarkan kekacauan di Bahrain dengan melakukan pelanggaran mencolok terhadap semua kesepakatan dan perjanjian, dan prinsip hukum internasional, tanpa memperhatikan nilai, hukum atau moral atau pertimbangan atas prinsip-prinsip kedekatan atau komitmen baik untuk terus menjaga hubungan negara-negara Teluk dan penolakan terhadap semua komitmen sebelumnya," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Uni Emirat Arab juga mengumumkan keputusan yang sama. Diberitakan oleh Al Arabiya, Uni Emirat Arab, mengikuti Arab Saudi dan Bahrain mengumumkan untuk menghentikan seluruh hubungannya dengan Qatar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya