Satu Lagi Negara Ikut Musuhi Qatar

Pemandangan Kota Doha, Qatar.
Sumber :
  • REUTERS/Fadi Al-Assaad/File Photo

VIVA.co.id – Negara Mauritania di Afrika Barat yang juga anggota Liga Arab menyusul langkah negara-negara lain untuk memutuskan hubungan diplomasi dengan Qatar. Alasannya karena Qatar dianggap mendukung Ikhwanul Muslimin, ISIS dan Al-Qaeda.

Indonesia Masuk Daftar Negara Aman Versi Qatar, Apa Alasannya

Dilansir Reuters, Rabu, 7 Juni 2017, dukungan Qatar terhadap teroris yang dimusuhi seluruh negara itu dianggap dapat merugikan kehidupan manusia.

"Ini telah mengakibatkan kerugian besar bagi kehidupan manusia di negara-negara Arab, di Eropa dan di seluruh dunia," tulis Kementerian Luar Negeri Badan Informasi Mauritania.

Bertemu Kerajaan Qatar, Sandiaga Bahas Penciptaan Lapangan Kerja

Mauritania juga mengaku kecewa akan sikap Qatar. "Qatar malah mendukung organisasi teroris dan penyebaran gagasan ekstrem," tulis dia lagi.

Sebelumnya, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, Mesir dan kemudian Libya memutuskan hubungan dengan Qatar. 

Erick Thohir: Qatar Investment Authority Berminat Investasi di RI

Arab Saudi memilih keputusan ini sebagai akibat dari pelanggaran serius yang dilakukan pemerintah di Doha dalam beberapa tahun terakhir. 

Pelanggaran itu dianggap menciptakan perselisihan di antara jajaran internal Saudi, yang merongrong kedaulatan serta mendukung berbagai kelompok teroris dengan tujuan untuk mendestabilisasi kawasan tersebut.

Uni Emirat Arab mengumumkan dukungan penuh terhadap sikap Saudi atas Qatar dan mengatakan bahwa negara tersebut telah mengancam stabilitas dan keamanan di wilayah tersebut dengan melanggar kesepakatan yang telah disepakati negara-negara di kawasan. UEA memberikan waktu bagi misi diplomatik Qatar di Arab Saudi selama 48 jam untuk meninggalkan negara tersebut.

Sementara itu, Bahrain memutuskan untuk memutuskan hubungan dengan tetangganya karena Qatar dianggap terus mengganggu stabilitas dan keamanan Kerajaan Bahrain, dan campur tangan dalam urusannya. Sebuah pernyataan juga menyebutkan bahwa hasutan Qatar terhadap media dan pendukung kegiatan teroris dan kelompok pembiayaan yang terkait dengan Iran adalah alasan di balik keputusan tersebut.

Mesir, juga menyebutkan bahwa salah satu alasan negaranya memutuskan hubungan dengan Qatar adalah karena negara tersebut mendukung gerakan Ikhwanul Muslimin, yang disebut Kairo sebagai kelompok teroris. "Qatar mempromosikan ideologi al-Qaeda dan memberikan dukungan kepada ISIS dan operasi teroris di Sinai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya