Prihatin Soal Qatar, RI Siap Bantu

Menlu Retno Marsudi di acara Fun Walk, Minggu, 14 Agustus 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan komunikasi via telepon dengan Menlu Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Turki dan Iran, mengenai perkembangan yang terjadi di kawasan Timur Tengah sejak beberapa hari terakhir.

Aksi Tegas! Bolivia Putuskan Hubungan Diplomat dengan Israel

Hal ini dilakukannya saat transit di Doha sebelum kembali ke Jakarta, usai melakukan kunjungan kerjanya ke Nigeria sejak Sabtu lalu. Dalam pembicaraan tersebut, Indonesia menyampaikan keprihatinannya mengenai perkembangan situasi di kawasan.

"Pentingnya agar negara-negara di Timur Tengah menahan diri dan mengambil langkah untuk mengurangi ketegangan," kata Retno melalui keterangan tertulis, Rabu 7 Juni 2017.

Indonesia Masuk Daftar Negara Aman Versi Qatar, Apa Alasannya

Menlu Retno berharap negara-negara yang secara langsung terlibat dalam situasi ini, mengedepankan dialog dan rekonsiliasi untuk menyelesaikan masalah. Dalam hal ini, Menlu Retno juga menyampaikan kesiapan Indonesia untuk berkontribusi.

Seperti diberitakan sebelumnya, awal pekan ini beberapa negara Teluk memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar menyusul perpecahan diplomatik. Arab Saudi menuduh Qatar mendukung Ikhwanul Muslimin, ISIS dan Al-Qaeda, dengan cara menghasut melalui saluran media.

Bertemu Kerajaan Qatar, Sandiaga Bahas Penciptaan Lapangan Kerja

Sementara itu, Bahrain memutuskan hubungan dengan tetangganya karena Qatar dianggap terus mengganggu stabilitas dan keamanan Kerajaan Bahrain, dan campur tangan dalam urusannya.

VIVA Militer: Bendera Israel

5 Negara Putus Hubungan dengan Israel, Ada Negara NATO

Tragedi kemanusiaan yang terjadi di jalur Gaza membuat banyak negara memikirkan ulang mengenai hubungan diplomatiknya dengan Israel. Negara apa saja yang putus hubungan?

img_title
VIVA.co.id
8 November 2023