JK Tegaskan RI Tak Akan Berpihak di Konflik Arab-Qatar

Pemandangan Kota Doha, Qatar.
Sumber :
  • REUTERS/Fadi Al-Assaad/File Photo

VIVA.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, sikap Indonesia atas pertikaian Qatar dan negara-negara Timur Tengah adalah netral. Menurutnya Indonesia tidak akan masuk untuk mencampuri urusan yang membelit negara-negara Timur Tengah.

Biasanya Bela Saudi dan UEA, Kini Syekh Qatar Minta Tolong

"Posisi Indonesia tidak berpihak kepada salah satu pihak. Kami itu, kami hormati. Indonesia berada untuk melihat apa yang terjadi," kata Kalla, saat ditemui di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu malam, 7 Juni 2017.

Beberapa negara Teluk memang secara tegas memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar karena negara tersebut dianggap mendukung Ikhwanul Muslimin, Islamic State in Iraq and Syria dan Al-Qaeda, dengan cara menghasut melalui saluran media.

Xavi: Tanpa Demokrasi, Warga Qatar Tetap Bahagia

Beberapa negara seperti Teluk seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, sampai dengan Mesir kompak untuk memutuskan hubungan dengan Qatar. Wapres Kalla menilai, persoalan negara Timur Tengah seharusnya bisa diselesaikan dengan kepala dingin.

"Saya kira masalah Qatar dan Arab Saudi bisa diselesaikan dengan dialog," katanya.

Qatar Beli 24 Pesawat Tempur Canggih, Negara Rival Meradang

Indonesia, kata Wapres, pun telah melakukan komunikasi dengan pemerintah Qatar melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Namun, Kalla menegaskan, sikap Indonesia tidak akan memihak siapapun atas pertikaian yang melibatkan sejumlah negara Timur Tengah.

"Ya komunikasi antara kami dengan Duta Besar dan Menlu juga," tuturnya.
 

Presiden Jokowi ajak tamunya, Emir Qatar, tanam pohon dan Keliling Istana Bogor beberapa waktu lalu.

Diembargo 4 Negara, Qatar Justru Makin 'Pede'

Bahkan Qatar akhirnya larang impor dari UEA, Saudi, Mesir, Bahrain.

img_title
VIVA.co.id
28 Mei 2018