Uni Emirat Arab Luncurkan Buku Paspor Tanpa Kertas

Ilustrasi paspor.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id –  Jika sebelumnya tak membawa paspor ke bandara bisa menjadi masalah besar dengan konsekuensi yang juga besar. Di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), problem tersebut bisa teratasi.

Hore! Buat Paspor Elektronik Kini Bisa di 102 Kantor Imigrasi se-Indonesia

Pemerintah Uni Emirat Arab meluncurkan aplikasi UAEWallet, yang bisa menjadi pengganti paspor kertas, sehingga warga yang ketinggalan atau kehilangan paspor di Dubai tak akan ribet lagi dengan pemeriksaan di bandara.

Layanan baru ini memungkinkan warga Uni Emirat Arab untuk menikmati kemewahan mengunduh aplikasi tersebut melalui ponsel cerdas mereka untuk dapat melalui gerbang elektronik dan pemeriksaan paspor, lapor Gulf News.

13 Fakta Unik tentang Paspor termasuk Ratu Elizabeth II Tak Punya

Agar bisa menggunakan aplikasi resmi, warga UEA yang berangkat dari Bandara Internasional Dubai diharuskan untuk mendaftarkan data pribadi dan memberikan sidik jari untuk alasan keamanan dan identitas.

Menurut pihak Dubai, aplikasi telah melalui banyak pemeriksaan keamanan, sehingga tidak mungkin diretas atau disalahgunakan.

Ini Penjelasan Imigrasi Jakarta Barat soal Abaikan Lansia

Peluncuran aplikasi yang pertama dari jenisnya di dunia ini membuat Dubai menjadi negara yang pertama mewujudkan "paspor tanpa kertas." Padahal "paspor tanpa kertas" sudah lama menjadi impian banyak negara.

Warga UEA yang berangkat dari Bandara Internasional Dubai tidak boleh lupa, meski  Dubai adalah yang pertama meluncurkan aplikasi semacam itu di seluruh dunia, tapi konsep  "paspor tanpa kertas" lenyap saat memasuki negara lain.

Jadi, meski mereka bisa mengunduh aplikasi paspor tanpa kertas, tapi  sebenarnya mereka tidak boleh ketinggalan atau kehilangan paspor, hingga semua negara bisa memiliki aplikasi yang sama dengan yang dimiliki Dubai. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya