Teror Bom Masjidil Haram Berhasil Digagalkan

Masjidil Haram di Kota Mekkah pada malam hari.
Sumber :
  • REUTERS/Ahmed Jadallah

VIVA.co.id - Aparat Keamanan di Arab Saudi menggagalkan sebuah rencana aksi bom bunuh diri di Masjidil Haram, Mekkah, pada Jumat waktu setempat.

6 Masjid Terbesar di Dunia, Salah Satunya Kebanggaan Indonesia

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, dalam sebuah pernyataan yang dibacakan di televisi pemerintah, mengatakan bahwa tiga kelompok telah merencanakan serangan terhadap pasukan keamanan di masjid itu saat akhir Ramadan.

Pengebom bunuh diri yang terperangkap itu terlibat baku tembak dengan pasukan keamanan, lalu memicu ledakan saat dia dikepung sebuah rumah di lingkungan pejuang Mekkah, Ajyad al-Masafi, dekat masjid yang telah dijadikan basis serangan itu.

Ribuan Relawan Berikan Bantuan untuk Jemaah di Masjidil Haram Selama Musim Haji 2024

Bangunan itu runtuh, melukai enam orang asing dan lima anggota pasukan keamanan.

Sebelumnya pada hari itu, pasukan keamanan telah menembak mati seorang pria yang dicari di tempat persembunyian militan Islam lain yang dicurigai di lingkungan al-Aseelah Mekkah. Kementerian juga mengatakan bahwa sebuah kelompok ketiga telah dipecah di kota Laut Merah, Jeddah, namun tidak memberikan keterangan lebih rinci. Lima tersangka militan itu termasuk seorang wanita ditangkap.

Aturan Baru, Arab Saudi Larang Umrah Dua Kali Selama Bulan Ramadhan

Bulan puasa berakhir dengan liburan Idul Fitri, yang diperkirakan pada hari Minggu. Raja Saudi biasanya menghabiskan sepuluh hari terakhir Ramadan di Mekkah.

Al Arabiya menyiarkan cuplikan ibadah Muslim yang sedang salat di masjid, tanpa gangguan.

Belum jelas siapa yang berada di belakang rencana penyerangan masjid itu, namun kelompok Negara Islam, yang ingin membentuk kekhalifahan teokratis yang diatur sesuai hukum Islam yang ketat, sebelumnya telah melakukan serangan di kerajaan itu.

Pada Mei 2016, pasukan keamanan Saudi menembak mati dua pejuang Negara Islam yang diduga berada di luar Mekkah, dan dua lainnya meledakkan diri di luar Mekkah. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya