Teroris Masjidil Haram Ledakkan Bom Setelah Terkepung

Masjidil Haram.
Sumber :
  • REUTERS/Ahmed Jadallah

VIVA.co.id – Rencana teror terhadap Masjidil Haram, Mekah, berhasil digagalkan kepolisian Saudi Arabia. Pelaku meledakkan diri karena telah terkepung.

Ribuan Relawan Berikan Bantuan untuk Jemaah di Masjidil Haram Selama Musim Haji 2024

Akibat ledakan tersebut, bangunan di mana pelaku berada hancur. 11 orang terluka, termasuk petugas polisi.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Jenderal Mansour Al Turki mengatakan pada televisi Saudi, bahwa pihak keamanan Saudi berhasil menggagalkan serangan yang menargetkan pihak keamanan di Masjidil Haram, dan para jemaah.

Aturan Baru, Arab Saudi Larang Umrah Dua Kali Selama Bulan Ramadhan

Sebelum mengelilingi lokasi pengebom di sekitar Masjidil Haram, dalam penggerebekan di Makkah dan Laut Merah, Jeddah, petugas berhasil menangkap lima orang, salah satu dari mereka adalah perempuan.

"Sayangnya dia mulai menembaki petugas keamanan begitu dia melihat kehadiran petugas di daerah tersebut. Itu sebabnya polisi menembaki dia sebelum ia meledakkan diri," kata Turki seperti dikutip dari Khaleej Times, 24 Juni 2017.

Jamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Diimbau Gunakan Masker selama Bulan Ramadhan, Ada Apa?

Dalam beberapa tahun, Arab Saudi mengalami serangkaian serangan. Sebagian besar serangan diklaim dilakukan oleh kelompok ISIS dan menyasar kelompok Syiah dan petugas keamanan.

Masjidil Haram

6 Masjid Terbesar di Dunia, Salah Satunya Kebanggaan Indonesia

Di berbagai belahan dunia, terdapat masjid-masjid megah dengan kapasitas luar biasa yang mampu menampung jutaan jamaah, salah satunya kebanggaan muslim Indonesia Istiqlal

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024