Yang Paling Dikagumi Obama dari Candi Borobudur

Rombongan Barack Obama saat tiba di Borobudur, Rabu, 28 Juni 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama berkunjung ke Candi Borobudur dengan pengawalan ketat. Dalam kunjungan singkatnya itu, Obama sangat menikmati keindahan candi umat Buddha tersebut.

Resmi Dilantik, Joe Biden Serukan Persatuan dan Akhiri Perang

Iring-iringan rombongan mobil Obama tiba di Candi Borobudur sekitar pukul 16.35 WIB, Rabu, 28 Juni 2017. Dalam rombongan itu, Obama naik mobil Land Cruisser berwarna hitam. Rombongan tersebut masuk melalui pintu khusus tamu VVIP yang terletak di sebelah barat Candi Borobudur. 

Kunjungan Obama dan keluarganya ke Borobudur terbilang singkat karena hanya selama 30 menit. Setelah itu, rombongan langsung meninggalkan Candi Borobudur sekira pukul 17.18 WIB.

Warga Indonesia di AS Ikut Waswas Jelang Pelantikan Joe Biden

Selama di Candi Borobudur, Obama mendapatkan penjelasan terkait sejarah dan cerita candi peninggalan Wangsa Syailendra tersebut dari Kepala Humas Balai Konservasi Borobudur, Mura Aristina. 

Usai mendampingi keluarga Barack Obama, Mura pun menceritakan jika mantan orang nomor satu di Amerika Serikat itu sangat tertarik dengan sejarah Candi Borobudur.  

Barack Obama Klaim AS Kini Lebih Terpecah-Belah

"Beliau saya jelaskan secara umur tentang Borobudur. Pak Obama sangat aktif mendengarkan saya. Beliau selalu bersama dengan saya mendengarkan penjelasan terkait Borobudur," kata Mura di Candi Borobudur, Magelang, Rabu sore, 28 Juni 2017.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa dari semua penjelasan yang disampaikannya, Obama paling tertarik terkait struktur pembangunan candi tersebut.  

"Beliau sangat terkesan sekali, salah satunya dengan struktur bangunan. Bagaimana candi ini dibangun dengan 2 juta potong batu bisa saling mengunci," kata dia.

Selama memberikan penjelasan kepada Obama, Mura mengakui jika mantan Presiden yang pernah merasakan masa kecil di Jakarta itu beberapa kali mengajukan pertanyaan terkait pembangunan candi.

"Beliau menanyakan terkait butuh berapa orang dan berapa generasi untuk membangun candi itu serta membutuhkan waktu berapa lama," katanya.

Setelah penjelasan terkait sejarah dan relief candi, Obama disebutkan berjalan menuju stupa besar yang terletak di bagian atas dan takjub dengan keindahannya.

"Beliau sangat ekspresif sekali menyatakan bahwa ini sungguh indah dan damai. Apalagi ditambah sekarang musim hujan seperti sekarang sehingga semuanya terlihat hijau dari puncak," kata dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya