Hari Terakhir di DIY, Obama Bakal Bernostalgia di Bulaksumur

Rumah di Bulaksumur dahulu sempat ditinggali Obama kecil
Sumber :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita

VIVA.co.id – Pada hari terakhir di DIY, mantan Presiden Amerika serikat Barack Obama bersama keluarga dijadwalkan akan bernostalgia dan mengunjungi rumah yang sering disinggahi Obama waktu kecil ketika dia sedang berlibur ke Yogyakarta.

Resmi Dilantik, Joe Biden Serukan Persatuan dan Akhiri Perang

Rumah tersebut tak lain merupakan rumah paman tiri Obama yaitu Prof Dr Iman Sutiknjo yang berlokasi di Bulaksumur Blok D7 Caturtunggal, Depok,Sleman.

Rumah yang kini dijadikan museum tersebut sama sekali tidak berubah sejak Obama kecil hingga saat ini. Bahkan tempat tidur dan kursi yang sering dipakai oleh Obama dilaporkan masih tersimpan.

Warga Indonesia di AS Ikut Waswas Jelang Pelantikan Joe Biden

"Ruangan yang dahulu sering dipakai Barack Obama dan keluarga saat ini diberi nama ruang Barry," kata Widodo, pengelola Museum UGM di DIY Kamis 29 Juni 2017.

Di ruangan yang diberi nama ruangan Barry, terdapat sebuah tempat tidur yang digunakan oleh Barack Obama dan kedua orangtuanya. Dahulu itu ada dua tempat tidur namun satu tempat tidur kini ada di Semarang.

Barack Obama Klaim AS Kini Lebih Terpecah-Belah

"Ya masih asli hanya satu tempat tidur dibawa ke Semarang. Dahulu tempat tidur Obama menghadap ke barat," kata dia.

Widodo menceritakan tempat tidur kala itu digunakan bertiga yaitu Obama, ayah tiri Obama Dr Soetoro  dan ibu Obama yakni Ann Dunham. Saat tidur, posisi Obama berada di tengah kedua orang tuanya.

"Dua tempat tidur kembar itu dipakai bertiga dan Obama kecil tidur di tengah," lanjutnya.

Obama kecil pun masih meninggalkan permainan kesukaannya seperti mainan yang berbentuk kotak-kotak namun saat ini sudah rusak karena dimakan usia.

Di rumah yang kini dijadikan museum tersebut juga masih tersimpan kursi warna putih yang dahulu sering di pakai Obama kecil duduk di beranda depan dilengkapi dengan meja berwana coklat tua.
 
Lebih jauh Widodo menjelaskan di ruangan yang diberi nama Barry itu juga terdapat meja kerja Prof Dr Iman Sutiknjo atau paman tiri Barack Obama lengkap dengan tulisannya.

Di rumah Bulaksumur Blok D 7 yang saat ini menjadi museum UGM itu juga terpasang beberapa foto antara lain Barack Obama kecil saat berfoto dengan putra dan putri Prof Dr Iman Sutiknjo, Barack Obama kecil bersama keluarga Prof Iman Sutiknjo sebelum kembali ke Amerika Serikat serta foto Barack Obama kecil bersama nenek tirinya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya