Kejar Kekuatan Senjata Korut, Korsel Beli Kapal Selam Baru

Presiden Korsel Moon Jae-in dan Presiden Vladimir Putin
Sumber :
  • Sputnik/Mikhail Klimentyev/Kremlin via REUTERS

VIVA.co.id – Angkatan Laut Korea Selatan memiliki kapal selam baru dengan bobot 1.800 ton untuk meningkatkan kemampuan perang bawah laut agar siap menghadapi Korea Utara menyusul meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Kapal selam Yu Gwan-sun diserahkan kepada Angkatan Laut Korsel dalam sebuah upacara di galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co di Pulau Geoje, tak jauh dari kota pelabuhan tenggara Busan.

Yu Gwan-sun merupakan kapal selam bertenaga diesel kelas dunia yang mampu menyasar lebih dari 300 target bawah laut pada satu waktu. Dilengkapi dengan sistem baterai sebagai bahan bakar, kapal tersebut dapat melakukan operasi bawah air selama 10 hari bahkan lebih tanpa harus muncul ke permukaan.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

Dilansir Sputniknews, Senin, 10 Juli 2017, Korut diketahui memiliki lebih dari 80 kapal selam. Oleh karena itu penambahan kapal selam Korsel akan mempersempit kesenjangan kuantitas alutsista laut kedua negara.

Saat ini, Korsel hanya memiliki 15 kapal selam yang beroperasi. Sementara Angkatan Laut Korsel berencana untuk membentuk sub baru pada bulan Desember mendatang setelah melatih anggota awak kapal.

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

Eskalasi ketegangan antara kedua negara meningkat beberapa tahun terakhir setelah uji coba nuklir Pyongyang dan peluncuran rudal balistik yang dinilai melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim belasungkawa dan pesan simpati kepada sang sahabat, Presiden Rusia Vladimir Putin, atas pembantaian dan aksi terorisme yang

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024