25-07-1969: Doktrin Nixon Bendung Imbas Perang Vietnam

Ilustrasi perang Vietnam
Sumber :

VIVA.co.id – Hari ini, tepat pada tanggal 25 Juli 1969, Presiden Amerika Serikat Richard Nixon mengumumkan maklumat yang disebut Doktrin Nixon yang terkenal. Dikutip dari laman History.com, Selasa 25 Juli 2017, Doktrin Nixon menjadi salah satu tonggak dimulainya sekutu militer AS dengan Asia.

Jenderal Tommy Franks: TNI Gurunya Tentara Vietnam dan Korea Utara

Doktrin Nixon dikeluarkan merespons Perang Vietnam yang terjadi di Asia Tenggara, agar diupayakan tidak meluas dan hanya berlangsung di wilayah negara itu. Diketahui, ketika Nixon menjabat, Perang Vietnam pada saat itu sudah memasuki tahun keempat.

Konflik berdarah itu disebutkan sudah merenggut nyawa lebih dari 25 ribu prajurit Amerikat, dan lebih banyak lagi korban di pihak Vietnam. AS disebutkan sempat mendekati hawa kemenangan hingga kemudian harus mengakui kekalahan di perang kejam tersebut.

Operasi Babylift, Misi Evakuasi Massal Anak-anak Yatim Perang Vietnam

Sementara itu, di AS, pada masa Perang Vietnam, gelombang protes terjadi terus-menerus yang mengkritik pemerintah AS, atas berlanjutnya perang itu. Demonstrasi juga terjadi di kampus-kampus di AS.

Presiden Nixon pada saat masa kampanyenya pada 1968, sempat menjanjikan akan membangun adanya kedamaian yang membuat AS terhormat di Perang Vietnam itu. Dilaporkan bahwa pada masa Perang Vietnam, AS paling banyak menjatuhkan bom mematikan dibandingkan di perang-perang AS lainnya. (asp)

Monumen Perang Vietnam Jadi Sasaran Vandalisme
Ilustrasi sejarah.

5 Bencana yang Mengubah Alur Sejarah Dunia, Apa Saja?

Sepanjang sejarah, ada banyak bencana besar yang mengubah kebiasaan sejarah manusia. Disebut bencana juta besar karena menelan korban puluhan hingga jutaan nyawa.

img_title
VIVA.co.id
25 Mei 2023