28-07-1945: Senat AS Akhirnya Menerima Piagam PBB

Rapat Dewan Keamanan PBB di Kantor Pusat New York
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVA.co.id – Hari ini tepat pada tanggal 28 Juli 1945 silam, Senat Amerika Serikat menerima Piagam PBB. Konsekuensinya, AS kemudian meratifikasi Piagam PBB sebagai bentuk kepatuhannya menjadi anggota tetap organisasi global itu.

5 Gempa Bumi Terbesar Dalam Sejarah Dunia, No 3 di Indonesia Paling Banyak Korban

Pada tahap selanjutnya, PBB menjadi organisasi yang juga berperan di periode Perang Dingin yang terjadi antara AS dan Uni Soviet.

Pada 1919, usai Perang Dunia I, Presiden AS Wodrow Wilson sebelumnya sempat mengajukan ke Senat agar menyetujui Piagam Liga Bangsa-Bangsa. Namun diketahui kemudian LBB tersebut bubar dan dianggap tak berperan penting menciptakan perdamaian dunia.

Dulu Tertindas, 5 Orang Biasa yang Mengubah Jalan Sejarah Dunia

Kemudian pada tahun 1945 menyusul berakhirnya Perang Dunia II, Senat AS merasa bahwa Amerika harus tetap aktif berperan di dunia. Melalui voting, rasio anggota Senat yang setuju dengan yang tak setuju adalah 89 orang setuju berbanding 2 anggota tidak setuju.

Dilansir laman History.com, Presiden Harry S.Truman menyatakan sangat senang dengan hasil voting tersebut.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

"Hasil keputusan Senat ini benar-benar mencerminkan langkah maju untuk menciptakan dunia yang aman dan damai," kata Presiden Truman.

Ilustrasi gempa bumi.

10 Gempa Bumi Paling Mengguncang dalam Sejarah Dunia, Salah Satunya Indonesia!

Tidak dipungkiri, fenomena gempa bumi memakan banyak korban jiwa. Seperti yang terjadi pada beberapa negara berikut ini, berhasil membuat ribuan orang melayang dibuatnya.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2023