Negara-negara yang Pertama Kali Akui Kemerdekaan Indonesia

Ilustrasi karnaval Kemerdekaan 17 Agustus
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

VIVA.co.id – Sejarah kemerdekaan Indonesia merupakan kisah panjang perjuangan hingga akhirnya buah manis bisa dipetik melalui proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 lalu. Pada tahun ini, Indonesia karena itu akan memperingati HUT Kemerdekaan yang ke-72.

Anindya Bakrie: Ekonomi RI Kuat Hadapi Krisis Timur Tengah

Kemerdekaan merupakan dasar penting bagi sebuah negara untuk bisa berdiri sendiri tanpa ada intervensi negara dan pihak lain. Melalui kemerdekaan, kedaulatan pula menjadi bagiannya.

Pada sejarah negara-negara, kemerdekaan juga membutuhkan pengakuan. Hal itu tergambar dalam dokumen sejarah yang dicatat. Termasuk dengan Indonesia. Usai mendeklarasikan kemerdekaan, posisi Indonesia semakin kuat dengan adanya negara-negara yang mendukung kemerdekaan tersebut.

Ekonom Senior Ingatkan Presiden Terpilih soal Perang Iran-Israel Bisa Bikin Ekonomi RI Berantakan

Setelah proklamasi kemerdekaan, dicatat bahwa negara-negara Timur Tengah termasuk yang pertama kali mengakui posisi Indonesia sebagai negara merdeka.

Sebagaimana dimuat dalam buku “Indonesia, Islam and Democracy” yang ditulis oleh pakar Azyumardi Azra, disebutkan bahwa pertama kali, kemerdekaan Indonesia diakui dan didukung oleh Mesir dan Arab Saudi. Diketahui bahwa Indonesia juga sudah menjadi negara dengan populasi terbesarnya warga beragama Islam.

Fadli Zon Sebut Perang Iran-Israel Berpotensi Meluas dan Picu Perang Dunia III

Rekam jejak sejarah ini yang dinilai membuat Indonesia hingga saat ini sangat memperhatikan kondisi Timur Tengah termasuk soal perjuangan kemerdekaan Palestina. Selain juga karena adanya mandat menentang penjajahan yang termaktub dalam Konstitusi NKRI.

Asia Business Council 2024.

Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia

Perekonomian Asia diproyeksikan akan cukup tangguh di masa depan meski dihadapkan dengan kondisi perekonomian global yang dihantui gejolak geopolitik saat ini.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024