Lagu Nasional Berkumandang di Wisma Konjen Jeddah

Wisma Konjen RI di Jeddah, Arab Saudi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Eko Prilliawito

VIVA.co.id – Keluarga besar aparatur KJRI di Jeddah, Arab Saudi, menggelar upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-72. Upacara digelar di halaman wisma Konjen RI, Jeddah, Kamis 17 Agustus 2017.

Keren! Brand Indonesia Terpajang di Times Square New York

Upacara dilaksanakan mulai pukul 06.00 waktu Arab Saudi dengan inspektur upacara Konjen RI M Hery Saripudin. Hiasan bendera Merah Putih mendominasi wisma Konjen RI Jeddah.

Suasana semakin khidmat saat 42 pelajar Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) kompak menyanyikan lagu-lagu nasional. Ada empat lagu nasional yang disenandungkan, yakni Tanah Air, Maju Tak Gentar, Berkibarlah Benderaku, dan Hari Merdeka.

Terapkan Prokes, HUT Kemerdekaan RI di Washington Berlangsung Khidmat

Selain itu, dengan gerak koreo yang apik dan kompak, siswa SMP dan SMA SIJ ini menyanyikan dua lagu daerah, yaitu Saya (Sajojo) dan Baju Kurung. Sebelumnya, 27 putra dan putri terbaik yang tergabung dalam paskibraka mengibarkan Sang Saka Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Mereka terdiri 14 putra dan 13 putri siswa SIJ dan sekolah Internasional di Jeddah. Selain upacara, HUT RI 72 di Jeddah semakin semarak oleh lomba tradisional yang diikuti keluarga besar KJRI, SIJ, dan masyarakat Indonesia di Jeddah.

17 Agustus, Setop Kegiatan dan Ambil Sikap Sempurna Pukul 10.17 WIB

Hery mengaku setiap tahun mencoba memasukkan ide-ide baru dalam peringatan HUT RI. Menurutnya, 17 Agustus, selain menjadi momen peringatan hari kemerdekaan, juga menjadi kesempatan untuk bisa mendengar masukan dari berbagai pihak.

"Selain merefleksikan 72 tahun, kita juga harus memproyeksikan, 72 tahun ke depan, mau ke mana Indonesia? Sejauh mana warga bangsa bisa memberikan kontribusi bagi negaranya," kata Hery. 

Ditambahkan Hery, kemerdekaan tidak berarti bahwa kita bebas menikmati hak-hak, tapi juga terkandung di dalamnya bahwa kita merdeka kalau mampu secara bebas melaksanakan kewajiban-kewajiban.

Dalam konteks haji, lanjut Hery, KJRI dan PPIH secara merdeka berusaha melaksanakan kewajiban-kewajibannya untuk mengantarkan jemaah haji meraih kemabruran.

Kepada masyarakat dan jemaah haji Indonesia, M Hery Saripudin selaku Konsul Jenderal RI di Jeddah, mengucapkan selamat hari ulang tahun kemerdekaan, semoga jemaah memperoleh haji mabrur.

Dalam upacara ini dilakukan juga seremonial pemotongan tumpeng oleh Konjen dan diberikan kepada pegawai tertua dan termuda. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya