1 Dari 4 Penduduk Bumi Beragama Islam

VIVAnews - Hampir satu diantara empat penduduk bumi beragama Islam atau muslim. Ini berdasarkan studi terbaru yang bertujuan memetakan populasi umat muslim dunia.

India, yang mayoritas penduduknya beragama Hindu, memiliki penduduk muslim terbanyak di dunia, selain Indonesia dan Pakistan. Penduduk muslim India bahkan dua kali lipat dibandingkan yang ada di Mesir.

Kemudian, penduduk Muslim di China lebih banyak dari Syria. Muslim di Jerman bahkan lebih banyak dari Lebanon. Sedangkan Rusia punya penduduk muslim lebih banyak dari gabungan muslim di Yordania dan Libya.

Hampir dua pertiga penduduk muslim dunia berada di Asia, terpusat di Turki sampai Indonesia.

Sementara, Timur Tengah dan Afrika Utara, keduanya menjadi tempat tinggal seperlima muslim dunia.

Berdasarkan laporan terbaru yang dikeluarkan Pew Forum on Religion & Public Life, ada sekitar 1,57 miliar penduduk muslim di dunia atau 23 persen dari keseluruhan penduduk dunia yang berjumlah 6,8 miliar.

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia

Penelitian dilakukan dari data terkini demografi dari 232 negara dan teritori.

Agama Kristen yang tercatat 2,25 miliar, berdasarkan proyeksi World Religion Database pada 2005.
Menurut peneliti senior Pew Forum, Brian Grim, perkembangan jumlah muslim dunia sedikit mengejutkan.

"Secara keseluruhan, jumlah ini lebih tinggi dari yang saya perkirakan," kata dia, seperti dimuat CNN.

Sebelumnya, estimasi jumlah penduduk muslim dunia dalam kisaran 1 sampai 1,8 miliar.

"Banyak negara, yang kami kira tak ada penduduk muslimnya, ternyata mereka memiliki banyak penduduk muslim," kata direktur riset Pew Forum wilayah India, Rusia, dan China, Alan Cooperman.

Sementara, penulis buku terkenal Amerika  Serikat, Reza Aslan mengatakan laporan tersebut akan berimplikasi pada kebijakan Amerika Serikat.

Timur Tengah, kata dia, tak lagi bisa dijadikan representasi dunia muslim. "Isu menggapai dunia muslim, tak boleh hanya berfokus di Timur Tengah," kata dia.

Jika tujuannya menciptakan kesepahaman antara dunia muslim dan AS, fokus Amerika seharusnya di Asia Selatan maupun Asia Tenggara," tambah dia.

Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024