Citra Satelit Buktikan Kekejaman Militer atas Rohingya

Anak pengungsi Rohingya dari Myanmar
Sumber :
  • REUTERS/Danish SiddiquiREUTERS/Danish Siddiqui

VIVA.co.id – Analisis citra satelit terbaru yang merekam wilayah negara bagian Rakhine, Myanmar, menunjukkan bahwa setidaknya 214 desa Muslim Rohingya telah dibakar dalam beberapa pekan terakhir. Pembakaran itu mengakibatkan lebih dari 400 ribu orang eksodus sebagai pengungsi ke Bangladesh.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Human Rights Watch (HRW) menyatakan, citra satelit terperinci baru bisa dihasilkan setelah pembukaan awan Monsoon selama akhir pekan dan mengungkap adanya kehancuran akibat pembakaran yang jauh lebih besar dibanding pembakaran sebelumnya.

Gambar menunjukkan puluhan ribu rumah hancur dan lebih dari 90 persen bangunan di 214 desa, rusak. HRW menyatakan, gambar ini membenarkan berbagai laporan pembakaran, penjarahan, dan pembunuhan oleh tentara seperti yang disampaikan oleh para pengungsi Rohingya.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

"Gambar-gambar ini memberikan bukti yang mengejutkan tentang penghancuran besar-besaran dalam upaya pasukan keamanan Myanmar mencegah Rohingya kembali ke desa mereka," kata Wakil Direktur HRW, Phil Robertson, seperti dilansir Asian Correspondent.

HRW juga menyerukan Sidang Majelis Umum PBB yang digelar pekan ini untuk mengadopsi sebuah resolusi yang mengecam pembersihan etnis di Myanmar. HRW selain itu, meminta Dewan Keamanan PBB untuk memberlakukan embargo senjata komprehensif atas negara tersebut.

3 Mayat Diduga Imigran Rohingya yang Mengapung di Laut Aceh Dievakuasi Tim SAR
Pengungsi Rohingya di Gedung Balee Meuseuraya Aceh. VIVA/Dani Randi

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Kemenkumham Aceh menegaskan penanganan pengungsi etnis Rohingya di sejumlah tempat di provinsi Aceh tersebut harus tetap memperhatikan kepentingan nasional.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024