Gempa Terjadi di Timur Laut Surabaya

Ilustrasi/Seismograf merekam getaran gempa.
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya

VIVA.co.id – Sebuah gempa bawah laut dikabarkan terjadi di sebelah utara Bali atau timur laut Surabaya. Gempa itu terjadi di tengah meningkatnya aktivitas seismik Gunung Agung.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Dikutip dari Reuters, Kamis 21 September 2017, gempa berkekuatan 5,7 Skala Richter itu tercatat di 125 kilometer timur laut, Surabaya, pada Kamis malam, 21 September 2017, atau Kamis pagi waktu AS. Gempa tersebut juga tercatat oleh US Geological Survey (USGS).

Gempa ini terjadi setelah selama sepekan, wilayah di sekitar Bali terguncang, karena adanya gerakan pergeseran lahan terkait aktivitas Gunung Agung. 

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Aktivitas seismik di sekitar Gunung Agung terus meningkat. Kemarin, pihak pemantau gunung berapi mencatat terjadi 400 tremor di wilayah sekitar Gunung Agung.

Sementara itu, ratusan warga yang tinggal di sekitar Gunung Agung memutuskan untuk mengungsi. Mereka khawatir letusan besar yang sempat terjadi selama setahun sepanjang 1963 hingga 1964 akan terulang. Saat itu, korban tewas akibat letusan Gunung Agung mencapai lebih dari 1.100 orang.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi
Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024