Menlu Retno Ungkapkan ke Dunia Cara RI Jinakkan Teroris

Menlu Retno Marsudi di pertemuan tingkat menteri Gerakan Non Blok 2017 di New York, Amerika Serikat,
Sumber :
  • Kemlu RI

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengemukakan, saat ini tengah terjadi regionalisasi terorisme, seperti yang belakangan terjadi di Kota Marawi, Filipina. Hal itu disampaikan Retno dalam Sidang Pleno Tingkat Menteri Global Counter Terrorism Forum (GCTF) di New York, Amerika Serikat.

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

Saat ini, menurutnya, kelompok teroris terus melakukan upaya rekrutmen dan menarik banyak orang, khususnya terhadap generasi muda yang masih sangat rentan. "Kita harus mampu memutus rantai terorisme antar-generasi dan juga mengantisipasi masuknya foreign terrorist fighter ke wilayah kita," kata Retno dalam keterangan tertulis yang dilansir Kementerian Luar Negeri, Jumat, 22 September 2017.

Menteri Retno mencontohkan bagaimana strategi pencegahan maupun deradikalisasi cukup berhasil di Indonesia. Salah satunya di Lamongan, Jawa Timur, tepatnya di Yayasan Lingkar Perdamaian yang membuktikan program deradikalisasi kepada mantan narapidana teroris ternyata efektif dalam menangkal penyebaran terorisme. 

IDI Sukoharjo Minta Kasus Sunardi Tak Dikaitan dengan Profesi Dokter

Program lainnya yang juga diangkat yaitu, perlunya menyuarakan kontra narasi terhadap propaganda para teroris, melalui testimoni mantan teroris dan anggota keluarganya. Testimoni tersebut mengungkap pengalaman buruk mereka bersama kelompok teroris dan imbauan untuk tidak bergabung.

GCTF merupakan forum pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri dari 30 negara yang dilaksanakan setahun sekali sejak 2011. Pertemuan untuk mendiskusikan dan menyelaraskan upaya penanggulangan terorisme global. (ren)
 

Munarman Tertawakan Tuntutan 8 Tahun Penjara: Kurang Serius
Sumber : medium.com (Nigeria deserve and should be better)

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Pemberontakan yang berulang di Nigeria Utara merupakan hasil dari lingkungan politik Nigeria.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023