Mengenal Frida, Anjing Pahlawan Gempa Bumi Meksiko

Anjing penyelamat ikut evakuasi korban gempa bumi Meksiko
Sumber :
  • Reuters/Jose Luis Gonzalez

VIVA.co.id – Di tengah perkabungan dan duka akibat gempa dahsyat yang mengguncang Meksiko pekan ini, seekor anjing penyelamat dari Angkatan Laut bernama Frida menjadi viral karena banyak membantu mencari korban selamat.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Dikutip dari Reuters, Sabtu 22 September 2017, dikenal selalu memakai kacamata dan sepatu khusus, anjing labrador berusia tujuh tahun itu menjadi bintang di media sosial. Bahkan beberapa warganet mengunggah fotonya sambil menceritakan berbagai kisah heroik anjing tersebut.

Dalam misinya, Frida berhasil menyelamatkan 12 orang yang masih hidup di bawah puing-puing dan lebih dari 40 korban meninggal. Dengan kemampuannya yang terlatih, Frida telah berjasa sejak peristiwa ledakan gas di Mexico City pada 2013, tanah longsor di Guatemala pada 2015, gempa bumi di Ekuador tahun lalu dan gempa Meksiko pekan lalu.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Gempa berkekuatan 7,1 Ska Ritcher di Meksiko pekan lalu telah menewaskan hampir 300 orang, sementara tim penyelamat masih menggali beberapa dari 52 bangunan yang runtuh di Mexico City.

Frida telah menghabiskan sebagian besar usahanya di sebuah sekolah di Mexico City. Dari lokasi itu, 19 anak dan enam orang dewasa ditemukan meninggal. Dari 19 anak tersebut, 11 masih bisa diselamatkan.

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang jadi Korban Gempa 7,4 SR di Taiwan

Sebagai salah satu institusi paling terpercaya di negara ini, Angkatan Laut Meksiko memiliki peran lebih luas dibanding kebanyakan armada. Unit anjing Angkatan Laut itu punya memiliki dua anjing lainnya, yakni sepasang gembala Belgia berusia 18 bulan, Echo and Evil.

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024