PM Australia Minta RI Tangkal Imigran Gelap

VIVAnews - Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd, secara pribadi meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar pemerintah Indonesia mencegah kapal-kapal imigran asal Sri Lanka mencapai Australia. Rudd menelepon Presiden Yudhoyono akhir pekan lalu untuk mengutarakan maksudnya.

Menurut laman harian The West Australian dan sejumlah harian lokal Australia, Selasa 13 Oktober 2009, Rudd diberi tahu pejabat intelijen mengenai lokasi keberadaan 260 pencari suaka di kepulauan Indonesia.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Rudd membenarkan bahwa dia berbicara pada Presiden Yudhoyono mengenai isu penyelundupan manusia. Rudd menambahkan, dia tidak akan membiarkan dilakukan pendekatan keras terhadap imigran ilegal.

"Bekerja sama dengan teman-teman kita di kawasan merupakan sesuatu yang penting karena faktor pendorong datang dari krisis politik di Sri Lanka dan Afghanistan dan yang lebih luas, Timur Tengah," kata Rudd kepada radio Australian Broadcasting Corp. "Ini adalah masalah semua negara di kawasan, itulah mengapa kita bekerja sama dengan pemerintah Indonesia," tambah Rudd.

Telepon Rudd ke Presiden Yudhoyono membuat Pasukan Australia bisa bekerja sama dengan Angkatan Laut Indonesia untuk menemukan kelompok imigran yang terdiri atas laki-laki, perempuan, dan anak-anak akhir pekan lalu. Kapal yang dikabarkan siap berlayar dari Indonesia pada 6 Oktober itu ditemukan dekat Kepulauan Krakatau, Minggu lalu.

Menteri Dalam Negeri Australia Brendan O'Connor mengatakan, banyak orang-orang yang terpindahkan merasa putus asa dalam mencari negara demokratis untuk dijadikan tempat tinggal baru. "Penyelundupan manusia bukan hanya isu bagi Australia. Ini adalah masalah regional dan global," kata O'Connor.

Dia menambahkan, kerja sama bilateral dan regional dengan pemerintah Indonesia dan Malaysia yang menjadi lokasi banyak penyelundup manusia, sudah cukup efektif untuk mengurangi penyelundupan manusia.

Momen Bersejarah, Al Quran Berbahasa Gayo Hadir Memperkuat Identitas dan Budaya Aceh
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024