24-10-1945: PBB Resmi Berdiri

Kantor Pusat PBB di New York, AS.
Sumber :
  • UN Photo

VIVA – Pada 72 tahun yang lalu, Perserikatan Bangsa Bangsa dibentuk di Amerika Serikat. Organisasi dunia itu berdiri secara resmi dengan adanya ratifikasi Piagam PBB oleh lima anggota tetap Dewan Keamanan. Selain itu mendapat persetujuan mayoritas dari negara bukan anggota tetap.

Ban Ki Moon: Krisis Air Lebih Mengerikan dari Pandemi COVID-19

PBB dibentuk resmi dua bulan setelah Perang Dunia II berakhir, sebagaimana dikutip dari laman History.com.

Diketahui sebelumnya terdapat organisasi Liga Bangsa Bangsa namun dianggap gagal hingga akhirnya Perang Dunia II pecah. Sekutu yang dimotori AS kemudian pada tahun 1941 mengajukan adanya organisasi internasional baru untuk menjaga perdamaian pascaperang. 

Rusia Sebut Ukraina Bikin Senjata Biologis Didukung AS, Ini Kata PBB

Ide ini dicetuskan oleh Presiden AS kala itu, Franklin D. Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill yang menginisiasi dengan penandatangan Piagam Atlantik.

Setahun berikutnya Roosevelt menjabarkan PBB untuk menggambarkan koalisi negara melawan kekuatan Axis merujuk pada Jerman, Italia dan Jepang. Istilah PBB kemudian mulai digunakan pada tahun 1942 tatkala 26 perwakilan negara berkumpul di Washington DC.

Ini Sosok Artis Hamil Ukraina Penipu Besar Dunia untuk Hancurkan Rusia

Hingga akhirnya pada 24 Oktober 1945, Piagam PBB resmi diratifikasi oleh lima anggota tetap Dewan Keamanan yang membuat lembaga ini memiliki wewenang dan mandat menjaga keamanan di kancah internasional. (ren)
 

Ilustrasi Dewan Keamanan PBB (sumber: wikimedia)

Dewan Keamanan PBB yang Gagal dalam Menjamin Perdamaian Dunia

Situasi di Dewan Keamanan PBB yang terkait dengan Israel dan Palestina telah menjadi perdebatan panjang.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2023