Xi Jinping Naik Level Setara Pemimpin Besar Mao Zedong?

Foto Mao Zedong (kanan) dan Presiden China, Xi Jinping.
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Kongres besar lima tahunan Partai Komunis China akhirnya menyetujui bahwa konsep Presiden China Xi Jinping akan dimasukkan ke dalam revisi konstitusi negara itu. Hal ini menjadi alasan yang menunjukkan bahwa Xi kini menjadi salah satu pemimpin China yang pernah ada yang termasuk paling kuat, naik level hampir setara Mao Zedong yang merupakan bapak pendiri negara modern China.

China Bikin Mobil Rp10,5 Miliar, Begini Wujudnya

Pasalnya, masuknya pemikiran Xi Jinping atau "Xi Jinping Thought" ke dalam konstitusi bukan perihal mudah. Hanya ada tiga Presiden China yang pernah mengalami hal ini yaitu Xi Jinping dan mantan Presiden Deng Xiaoping selain tentunya Mao Zedong. Sementara pemikiran Xiaoping baru diadopsi setelah dia meninggal dunia.

Dilansir laman BBC, pada saat kongres, Partai Komunis di depan 2000 delegasinya menanyakan keberatan atau tidak soal "Xi Jinping Thought" yang akan dimasukkan ke dalam konstitusi. Tak satu pun yang mengatakan keberatan.

Seandainya Militer China Perang Udara Lawan India, Siapa yang Menang?

Menjadi Presiden China sejak tahun 2012, kontribusi Xi Jinping pada konstitusi berimplikasi bahwa setiap hal yang menjadi ancaman bagi Xi Jinping kini menjadi ancaman bagi Partai Komunis China pula.

Beberapa pimpinan Partai Komunis China sebelumnya juga berusaha memasukkan ide dan pemikiran mereka ke dalam konstitusi. Nyatanya kebanyakan tak berhasil.

Dituding Berpihak, Luhut Beberkan Pengaruh China Bagi Ekonomi RI

Secara singkat, pemikiran Xi disebut sebagai "Pemikiran Sosialisme Xi Jinping dengan Karakteristik China di Era Baru" atau singkatnya berisi pemikiran tentang paham Sosialisme yang digagas China pada era modern. (ren)
 

Presiden China, Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping Sampaikan Duka Atas Bencana di NTT

Presiden Xi Jinping sampaikan pesan berbelasungkawa untuk korban dari bencana di NTT melalui Presiden Jokowi.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2021