Menyusup ke Perbatasan Korsel, Tentara Korut Ditembak

Wilayah Korea Utara
Sumber :
  • NORTHKOREA-TOURISM/WONSAN REUTERS/Kim Hong-Ji

VIVA – Seorang prajurit Korea Utara terindikasi pihak Korea Selatan mengendap-endap di zona demiliterisasi atau area perbatasan DMZ Korea Selatan dan Korea Utara. Akibatnya prajurit tersebut dilaporkan tertembak dan mengalami luka parah dan sudah dibawa ke rumah sakit.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Dilansir laman BBC, sekitar 1000 orang berusaha menyeberang dari Korea Utara ke Korea Selatan setiap tahunnya. Namun sangat sedikit yang mencobanya melalui perbatasan DMZ.

Disebutkan oleh pihak Korsel bahwa ini kali keempat, prajurit Korut berusaha mengendap ke wilayah Korsel dalam tiga tahun terakhir. Korea Utara dan Korea Selatan masih mengalami ketegangan meski perang antara keduanya sudah berakhir pada tahun 1953 dengan sebuah perjanjian perdamaian formalitas.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

Komandan gabungan pasukan Korsel membenarkan bahwa prajurit tersebut menyeberang dan sudah melewati Panmunjom yang menjadi wilayah singgungan antara kedua wilayah.

"Dia menyeberang dari Korea Utara menuju Gedung Kebebasan (gedung ikon perbatasan Korea Selatan)," kata Komandan Pasukan Korsel.

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

Prajurit yang menyusup itu lalu ditembak pada bagian bahunya. Namun disebutkan dalam lima tahun terakhir ada penurunan jumlah penyusup dari Korut ke Korsel mengingat makin ketatnya pengawasan di zona perbatasan khususnya oleh Korea Utara yang disokong China.

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim belasungkawa dan pesan simpati kepada sang sahabat, Presiden Rusia Vladimir Putin, atas pembantaian dan aksi terorisme yang

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024