Terapi Sadis Homoseksual di China, Ada yang Disetrum Listrik

Komunitas LGBT.
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Peter

VIVA – Kontroversi mengenai terapi dan pengobatan homoseksual di China kembali berembus setelah kelompok pegiat HAM mengungkap berbagai testimoni para pasien yang pernah menjalaninya.

5 Negara yang Baru-baru Ini Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Dilansir laman BBC, terapi gay atau homoseksual ini menjadi kontroversi sejak dilakukan di berbagai rumah sakit. Sejumlah kalangan menilainya sebagai langkah tak manusiawi. Bahkan Asosiasi Psikiatris Dunia menilai
bahwa penanganan tersebut tak etis dan tak ilmiah. Hal itu pada dasarnya tidak diperbolehkan.

Laporan dari kelompok pegiat HAM setidaknya mengkaji 17 kasus kontroversial antara tahun 2009 hingga tahun 2017. Dalam studi tersebut diterakan adanya perlakuan yang dianggap tak layak seperti kekerasan secara verbal dan mental, pemaksaan pengobatan medis, hingga terapi kejut listrik yang dilangsungkan di sejumlah rumah sakit di China.

36 Negara Ini Ternyata Legalkan Pernikahan Sesama Jenis, Dimulai dari Belanda

Sementara Direktur Program Human Rights Watch, Boris Dittrich, menyoroti soal praktik yang dianggap meraup untung besar secara finansial itu. Setidaknya kata dia, dokter dan kliniknya akan mematok harga US$4.530 per
pasien gay atau setara lebih dari Rp60 juta.

Dari 17 kasus, 11 pasien mengatakan mereka diobati dan dipaksa meminum obat yang tak mereka ketahui untuk apa. Pula tak diberitahukan efek samping yang mungkin terjadi.

Terbuka dan Bebas! 5 Negara Ini Terkenal dengan Kebebasan Seksualnya yang Tinggi

Seorang pria gay berusia 29 tahun yang mengaku pernah dirawat di rumah sakit di Provinsi Fujian tiga tahun silam. Dia mengatakan hanya dicecoki pil dan berbagai obat yang tak dikenalinya.

"Mereka hanya bilang obat ini paling bagus dan akan membuat saya lebih baik," kata pria tersebut. (ren)

Bendera LGBTQ di antara bendera Amerika Serikat

Top Trending: 5 Negara Legalkan Pernikahan Jenis, Wanita Nge-prank Presiden hingga Kisah Mualaf Jess

Sederet artikel viral berhasil mencuri perhatian dan bertengger di kanal Trending pada Jumat (8/3). Dari negara legalkan pernikahan sesama jenis hingga kisah mualaf.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2024