Presiden Zimbabwe Masih Senyam-Senyum Walau Dikudeta Militer

Presiden Zimbabwe Mugabe bersalaman dengan Jenderal Constantino Chiwenga
Sumber :
  • ZIMPAPERS/Joseph Nyadzayo/Handout via REUTERS

VIVA – Nasib pemerintahan di Zimbabwe masih menggantung pascakudeta yang dilakukan militer di negara itu dengan dalih mengamankan Presiden Robert Mugabe dan keluarganya. Belum dipastikan jikalau Mugabe, diktator yang sudah memerintah selama 37 tahun, bakal mundur atau tidak.

AHY: Misi Besar Demokrat Kembali ke Pemerintahan Nasional Telah Tercapai

Apalagi kemudian muncul foto Presiden Robert Mugabe yang menjabat erat tangan Panglima Militer Jenderal Constantino Chiwenga sambil tersenyum, sebagaimana dilansir Reuters. Hal itu menguatkan klaim militer bahwa "kudeta" yang dilakukan atas seizin Mugabe. Militer malah menyebutnya bukan kudeta, namun operasi pengamanan.

Situasi pascakudeta sejak tiga hari lalu belum menunjukkan arah yang jelas kepastian pemerintahan di negara itu. Hal itu disebutkan membuat rakyat Zimbabwe kebingungaan atas situasi ini.  Media-media asing juga menyebut kejadian transisi kekuasaan Zimbabwe ibarat drama.

Tidak Ada Tawaran Kursi Duduk di Kabinet ke Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, Kata Gerindra

Presiden Mugabe sejak lama memang dikritik setelah sekian lama memerintah. Amerika Serikat juga menuding bahwa Mugabe melakukan banyak pelanggaran HAM hingga kecurangan Pemilu hingga bisa bertahan di kekuasaan lebih dari tiga dekade.

Kekuasaan lebih dari 30 tahun mirip era Presiden Soeharto di Indonesia. Namun setelah 32 tahun berkuasa, rezim Orde Baru yang dibangun Soeharto runtuh pada tahun 1998 yang mengantarkan era demokrasi usai Reformasi. Era Reformasi akhirnya bisa terjadi setelah terjadi rentetan kerusuhan dan demonstrasi besar-besaran di beberapa daerah dan di Jakarta.

Gerindra Ragu PDIP Jadi Oposisi Pemerintahan Prabowo-Gibran

Wakil Menteri Luar Negeri AS urusan Afrika, Donald Yamamoto berharap bahwa "kudeta" ini bukan permainan Mugabe agar bisa mempertahankan kekuasaan.

"Semoga tahap ini adalah era transisi baru bagi Zimbabwe. Itu yang kami harapkan," kata Yamamoto. (ren)

Prabowo Subianto bersama Gibran Rakabuming Raka

Rumor Ganjar Ditawari jadi Menteri Prabowo, Gibran: Yang Nawari Siapa?

Omongan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo sebelumnya mengaku dirinya mungkin nanti lebih memilih berada di luar pemerintahan Prabowo Subianto.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024