Presiden Zimbabwe Menolak Mundur

Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe
Sumber :
  • REUTERS/Philimon Bulawayo

VIVA – Presiden Zimbabwe Robert Mugabe benar–benar keras kepala. Meski seruan untuk mundur sudah begitu kuat di negaranya, ia memutuskan bertahan.

Terapkan Hak untuk Hidup, Zimbabwe Hapus Hukuman Mati

Diberitakan oleh BBC, 17 November 2017, Mugabe dilaporkan menolak mundur meski sudah  banyak yang memintanya mundur.

Presiden yang berusia 93 tahun itu kini berada dalam tahanan rumah setelah militer mengambil alih kekuasaan pada Rabu, 17 November 2017. Situasi perebutan kekuasaan terasa sangat kental di Zimbabwe. Sampai saat ini belum ada kabar resmi mengenai hasil perundingan yang dia lakukan dengan utusan regional dan panglima militer sebelumnya. Namun sebuah sumber mengatakan sejauh ini dia menolak pindah.

Meet Vadoma Tribe: African People with Ostrich Feet

Sementara itu, pemimpin oposisi Morgan Tsvangirai sebelumnya sempat menyerukan Mugabe untuk mundur. Ia mengatasnamakan kepentingan rakyat, dan menyerukan agar Mugabe "mengundurkan diri segera".

Ketegangan politik di Zimbabwe berawal dari keputusan Mugabe memecat Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa. Pemecatan itu diindikasikan Mugabe sedang memuluskan jalan bagi istrinya, Grace Mugabe, untuk mengambil alih partai Zanu-PF. Jika istrinya menjadi wakil, maka jalan menuju posisi presiden untuk menggantikannya juga semakin mulus.

Mengenal Suku Vandoma, Warganya Punya Kaki seperti Burung Unta

Menurut laporan wartawan BBC, situasi di Zimbabwe saat ini menunggu keputusan Mugabe. Namun jika Mugabe menolak mundur, maka militer secara legitimasi berpotensi segera mengambil alih kekuasaan.

Pemuda Myanmar Nekat Kabur Demi Hindari Wajib Militer Junta

Apa Beda Junta Militer dengan Kudeta? Ini Jawabannya

Menurut definisi ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), junta militer adalah suatu badan pemerintahan yang didirikan dan dikuasai oleh militer, sedangkan kudeta ini

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2024