Kena Kanker akibat Dosa, Ucapan Menkes Bikin Rakyat Marah

Kegiatan Warga India Saat Musim Panas Tiba
Sumber :
  • REUTERS/Rupak De Chowdhuri

VIVA – Masyarakat India menyuarakan kemarahan setelah Menteri Kesehatan dari negara bagian Assam mengatakan, penyakit kanker bukti keadilan ilahi yang disebabkan dosa seseorang pada masa lalu.

Akui Sempat Ragukan Keberadaan Tuhan, Vidi Aldiano Dapat Hidayah Sejak Sakit Kanker

Menkes bernama Himanta Biswa Sarma itu menuturkan orang juga bisa terkena penyakit seperti kanker akibat dosa orangtua si pengidap.

Pasien kanker dan keluarga di India mengatakan bahwa mereka merasa sedih dengan pernyataan menteri tersebut. Partai oposisi juga menyayangkan pernyataan menteri tersebut dan menuntut permintaan maaf di publik.

Ada Kabar Baik untuk Pasien Kanker Paru-paru

Partai oposisi negara bagian, All India United Democratic Front mengatakan, Sarma membuat pernyataan tanpa dasar untuk menutupi kegagalannya mengendalikan penyebaran kanker di negara bagian India.

"Tuhan membuat kita menderita saat kita berbuat dosa. Terkadang kita menemukan pria muda terkena kanker atau pria muda yang mengalami kecelakaan. Jika Anda mengamati latar belakang Anda maka akan mengetahui bahwa itu adalah keadilan ilahi," kata Sarma seperti diberitakan Times of India, Kamis, 23 November 2017.

Kombinasi Pengobatan Kanker Paru dengan Imunoterapi Janjikan Harapan Hidup Lebih Tinggi

Penelitian Indian Council of Medical Research (ICMR) menunjukkan bahwa kurangnya kesadaran dan deteksi awal membuat hanya 12,5 persen pasien yang kanker di India yang datang untuk perawatan pada tahap awal penyakit ini.

Diperkirakan jumlah kasus kanker baru di negara tersebut akan tumbuh sebesar 25 persen pada tahun 2020 mendatang.

Nunung Srimulat

Nunung Srimulat Bugar Kembali, Proses Pengobatan Selesai

Kondisi Nunung Srimulat kini semakin sehat. Meski proses pengobatan selesai, Nunung tetap wajib melakukan kontrol ke dokter. Seperti apa kisahnya?

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2024