Terlibat Skandal dengan China, Senator Australia Mundur

Senator Australia Sam Dastyari
Sumber :
  • AAP/Perry Duffin/via REUTERS

VIVA – Senator Australia, Sam Dastyari akhirnya mengundurkan diri, setelah dilaporkan terlibat skandal politik dan kepentingan dengan pengusaha teras asal China. Dia beberapa hari belakangan ini ada di pusaran berita kasus skandal, karena menerima donasi cukup besar yang diketahui belum bisa dipertanggungjawabkan dari China.

6 Warga China dan 2 WNI Ditahan Coba-coba Masuk Perairan Australia

Politikus Partai Buruh itu kemudian mundur. Dikutip dari laman BBC, pekan lalu, China sudah membantah memiliki maksud untuk mencampuri politik dan urusan negara Australia, dengan memberikan sokongan pada politikus di negara itu.

Sam Dastyari akhirnya harus mundur, karena dia dianggap melanggar sumpah setianya kepada negara Australia, melalui penyalahgunaan jabatan publik di Parlemen.

Sosok Berkebaya Terukir di Monumen Perjuangan Australia, Siapa Dia?

Dia juga harus lengser dari jabatan kepemimpinan di Partai Buruh, setelah berhubungan dengan miliarder China, Huang Xiangmo.

Tahun lalu, dia disoroti karena membantu beberapa perusahaan China untuk pindah ke Australia, termasuk membantu melancarkan urusan administrasi dan legalitas perusahaan tersebut. Namun, dia mengatakan bahwa meskipun berhubungan dengan Huang Xiangmo, dia tak pernah membocorkan informasi yang sifatnya rahasia kepada pihak China.

Ratusan Ribu Ternak Australia Terpanggang di Kebakaran Hutan Semak

Namun, menurut politikus tersebut, isu cepat beredar dan berkembang di kalangan jurnalis dan membuat pemberitaan tentang dirinya menjadi terkesan negatif.

Menlu Retno Marsudi

Mau Liburan Sambil Kerja, Australia Siapkan 4100 Visa untuk WNI

Berusia 18-30 tahun punya kesempatan kerja 12 bulan di Australia.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2020