Palestina Apresiasi RI, Negara non-Arab yang Cepat Bertindak

Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu Palestina Riyad Al Maliki
Sumber :
  • Kemlu RI

VIVA – Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al Maliki mengapresiasi Indonesia sebagai salah satu negara non-Arab yang melakukan langkah cepat diplomasi dan komunikasi pascapengakuan Amerika Serikat terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Australia Batalkan Akui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

Hal ini disampaikan Menlu Palestina, saat bertemu dengan Menlu RI Retno Marsudi di Amman, Yordania pada Senin 11 Desember 2017, pukul 21.15 waktu setempat, atau pukul 02.15 WIB.

"Palestina sangat mengapresiasi Indonesia yang cepat tanggap melakukan diplomasi tanpa diminta. Pendekatan ini juga tidak terbatas pada negara anggota OKI saja, tetapi juga dengan negara lain," kata Retno melalui pesan video yang diterima VIVA, Selasa 12 Desember 2017.

Parasit Berbahaya Terungkap dari Toilet di Yerusalem

Dalam pertemuan Menlu RI dan Menlu Palestina yang berlangsung selama dua jam tersebut, keduanya membahas hasil pertemuan Liga Arab, hasil pertemuan Menlu Palestina di Kairo dan membicarakan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi OKI di Istanbul, Turki, Rabu 13 Desember 2017.

"Prinsipnya, elemen-elemen yang ingin disampaikan Indonesia dan Palestina sama. Karena itu, kita akan persiapkan teks outcome dokumen dari KTT OKI nanti. Insya Allah hasilnya nanti akan bermanfaat bagi Palestina," ujar Retno.

7 Fakta Menarik Yerusalem yang Jarang Diketahui, Kota Suci 3 Agama

Selain itu, ia juga menyampaikan kepada Menlu Palestina terkait komunikasi RI dengan berbagai menteri luar negeri dari Eropa Barat. Retno mengaku telah berbicara dengan Menlu Inggris, Menlu Jerman, dan akan segera berbicara dengan Menlu Uni Eropa.

"Karena itu, Palestina sangat mengapresiasi gerak diplomasi Indonesia untuk membantu perjuangan Palestina," ujar Retno.

Bethlehem, Yerusalem.

Terungkap, Ibu Kota yang di Klaim Zionis Israel Pernah Dilanda Gempa Dahsyat

Sebuah penemuan terbaru oleh para arkeolog mengungkapkan bahwa wilayah Yerusalem mengalami gempa bumi hebat sekitar 2.800 tahun yang lalu. Penemuan ini didasarkan kotanya

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2024