Palestina Bisa Hadapi Israel Jika Hamas dan Fatah Bersatu

Ilustrasi militan Hamas.
Sumber :
  • REUTERS/Mohammed Salem

VIVA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Palestina seperti tak berdaya.

Australia Batalkan Akui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyampaikan bahwa Palestina hanya bisa menghadapi Israel jika dua faksi pemerintahan dari negara yang ada di Timur Tengah itu, yaitu Hamas dan Fatah, bersatu.

Menurut JK, terbelahnya situasi politik adalah salah satu sebab bangsa Palestina selama ini cenderung selalu tertindas saat berhadapan dengan Israel. Terakhir, Palestina juga terkesan tak berdaya saat Amerika Serikat mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, bukan ibu kota Palestina.

Parasit Berbahaya Terungkap dari Toilet di Yerusalem

"Hamas dan Fatah itu baru ada kesepakatan untuk menjalankan pemilu tahun depan. Ya mudah-mudahan dalam pemilu tahun depan itu mereka sudah betul-betul dalam satu kepemimpinan," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2017.

JK menyampaikan, bangsa-bangsa Arab selaku bangsa yang serumpun juga satu kawasan, pertama-tama harus mengupayakan hal itu supaya pada akhirnya, perdamaian terjadi di kawasan mereka. JK meminta bangsa-bangsa Arab berani mengambil tindakan nyata supaya konflik antara Israel dan Palestina yang telah berlangsung puluhan tahun, bisa usai.

7 Fakta Menarik Yerusalem yang Jarang Diketahui, Kota Suci 3 Agama

"Bangsa Arab itu sejak dulu juga (mengeluarkan) resolusi, terus menerus, (melakukan) konferensi, tidak ada habis-habisnya. Tapi tindakan yang nyata sendiri untuk menyelesaikan konflik Palestina itu yang (harus dilakukan) paling pokok dulu," ujar JK. (ase)

Bethlehem, Yerusalem.

Terungkap, Ibu Kota yang di Klaim Zionis Israel Pernah Dilanda Gempa Dahsyat

Sebuah penemuan terbaru oleh para arkeolog mengungkapkan bahwa wilayah Yerusalem mengalami gempa bumi hebat sekitar 2.800 tahun yang lalu. Penemuan ini didasarkan kotanya

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2024