Kim Jong-un Senang Naik Gunung, Cari Wangsit?

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVA – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, ternyata punya hobi mendaki gunung. Namun bukan sembarang gunung, sebab ia disebut seperti mendapat “wangsit” setiap usai mendaki.

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Gunung yang kerap didaki Jong-un adalah Baekdu atau Paekdu. Gunung ini dianggap sebagai salah satu wilayah suci di negara yang nyaris tertutup dari dunia luar itu. Hampir setiap tahun ia mendaki gunung tersebut dan, konon, setiap kali selesai melakukan aktivitasnya itu, Kim biasanya akan membuat pengumuman penting.

Diberitakan oleh Straits Times, setelah mewarisi kekuasaan dari mendiang ayahnya pada tahun 2012, Jong-un nyaris tak pernah absen mendaki Baekdu. Dikutip dari kantor berita Korea Utara, KCNA, Kim seperti memiliki indera mistis ketika mendaki gunung tersebut.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Media itu menggambarkan, setiap Desember maka gunung dengan ketinggian 2.744 meter dpl itu akan diselimuti salju. Namun setiap Jong-un mendaki, maka gunung tersebut digambarkan memancarkan cahaya cerah.

Pada tahun 2013, sebulan setelah pendakian ke gunung Baedu, Jong-un mengungkapkan keinginannya mengeksekusi pamannya sendiri, Jang Song Thaek. Lalu pada 2014, sebulan setelah pendakian Kim mengumumkan ia bersedia melanjutkan pembicaraan inter-Korea yang sempat dihentikan.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Jadi ketika pekan ini Kim dikabarkan kembali berziarah ke gunung tersebut, maka spekulasi tentang apa yang akan ia sampaikan mulai bermunculan.

Terkait kisah mistis tentang cuaca gunung yang berubah saat pendakian Kim itu, maka kantor berita Korea Utara menyebut Kim sebagai "pria yang mengendalikan alam."

Menurut KCNA, pemandangan alam itu semakin terlihat indah ketika gambar menunjukkan bahwa Kim, melakukan perjalanan ke puncak gunung yang sulit, bahkan ia tetap menggunakan celana panjang dan sepatu mengkilat. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya