Gara-gara Kim Jong-un, Kata Utara Jadi Kanji of The Year

Kim Jong-un saat melakukan inspeksi ke pabrik tepung di negaranya
Sumber :
  • KCNA/via REUTERS

VIVA – Pada Desember setiap tahunnya, Jepang akan memilih kata dengan karakter kanjinya sebagai salah satu simbol yang paling menggambarkan kondisi dalam 12 bulan yang sudah dilewati. Ternyata pada tahun ini kandidat kanji yang paling dominan adalah kata "Utara" yang disebutkan memang dipengaruhi kondisi ancaman yang ditunjukkan Korea Utara.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Laman Guardian memberitakan, "Utara" dalam kanji digambarkan dengan ejaan "kita". Hal tersebut dinilai menjadi gambaran bahwa Jepang setahun terakhir memang dihantui oleh ancaman Korea Utara atas uji coba rudal balistik dan pengembangan senjata nuklirnya. Pemimpin Korut Kim Jong-un dikenal gila senjata.

Kata "Utara" menjadi kanji terkuat untuk tahun ini sesuai dengan polling yang diadakan oleh Kanji Aptitude Testing Foundation yang menyelenggarakan hajatan tahunan itu.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

"Ini adalah tahun yang mana orang-orang merasa terancam dan cemas melihat Korea Utara setelah meluncurkan rudal balistik dan serangkaian uji nuklir," kata juru bicara yayasan tersebut.

Dipilih oleh sebagian besar pemilih, karakter kanji "Utara" menjadi Kanji of The Year Jepang. Hal tersebut diberitakan melalui media massa baik televisi maupun cetak. Sementara ulama tinggi Seihan Mori menuliskan
kaligrafi kanji "Utara" versi raksasa di kuil Kiyomizu di Tokyo.

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

Dalam tahun ini, Korea Utara diketahui hingga dua kali menguji coba rudal balistiknya yang terbang hingga Hokkaido, Jepang. Bahkan PM Jepang Shinzo Abe harus melakukan pembicaraan serius dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengenai potensi ancaman itu.

Setiap tahun, Jepang memang akan memilih karakter kanji yang menggambarkan kondisi setahun. Pada tahun 2008 saat Presiden AS Barrack Obama terpilih, kata kanji yang dipilih oleh warga Jepang adalah "Hen" yang artinya perubahan.

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim belasungkawa dan pesan simpati kepada sang sahabat, Presiden Rusia Vladimir Putin, atas pembantaian dan aksi terorisme yang

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024