OKI Desak Dunia Akui Yerusalem Timur Ibu Kota Palestina

KTT Luar Biasa atau Sidang Khusus OKI bahas klaim AS soal Yerusalem
Sumber :
  • REUTERS/Osman Orsal

VIVA – Pemimpin dari 57 negara Muslim mendesak dunia untuk mengakui Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina. Hal itu diungkapkan dalam pertemuan negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang diselenggarakan di Istanbul, Turki, Rabu 13 Desember 2017. 

7 Fakta Menarik Yerusalem yang Jarang Diketahui, Kota Suci 3 Agama

Seperti dilansir dari BBC, Presiden Palestina Mahmoud Abbas. sebelumnya menyatakan bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa harus mengambil alih masalah tersebut. Dalam pidatonya, Abbas menegaskan bahwa sikap AS yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel adalah kejahatan paling besar di dunia. Dia menilai, tidak seharusnya dunia membiarkan hal tersebut terjadi. 

Abbas menegaskan tak dapat menerima AS menjadi mediator karena ini bias demi kepentingan Israel. 

Indonesia Usulkan Misi Internasional Pastikan Rakyat Palestina Aman

Sementara itu, Presiden Turki, Tayyip Erdogan dalam kesempatan yang sama menyatakan bahwa negara Muslim tidak akan pernah menyerah dengan tuntutan ini. Ia menyatakan bahwa keputusan Trump soal Yerusalem menjadi Ibu Kota Israel harus batal demi hukum.

Pertemuan darurat tersebut bertujuan untuk menempatkan sikap bersatu setelah Trump mengumumkan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. 

Batu Mencurangi Timbangan Umur 2.700 Tahun Ditemukan di Yerusalem


 

Saluran air kuno di Yerusalem.

Parasit Berbahaya Terungkap dari Toilet di Yerusalem

Sebuah toilet jongkok berusia 2.700 tahun ditemukan di sebuah perkebunan kuno di Yerusalem selatan. Parasit berbahaya pun ditemukan.

img_title
VIVA.co.id
6 Januari 2022